Customs Visit Customers Perusahaan Fasilitas di Bitung

0
179

Customs Visit Customer (CVC) adalah program dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara (Kanwil DJBC Sulbagtara) yang baru dilaksanakan pertama kali hari ini, tanggal 14 November 2017 di Aula Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Bitung. Customs Visit Customer yang pertama ini memilih Tema “Membangun Komunikasi Mencipta Sinergi”.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Imam Sarjono, mengatakan,”Dapat diketahui, Kanwil DJBC Sulbagtara baru berjalan satu bulan. Walaupun kami masih baru, kedatangan kami harus bisa dirasakan oleh stakeholder yang ada di Sulawesi Utara. Oleh karena itu, dengan adanya CVC, kami berharap Bea Cukai bisa menjadi teman bagi para stakeholder untuk bisa berdiskusi bersama sehingga apabila ada kendala dari teman-teman pengusaha kita bisa menemukan solusi bersama.”

Beliau mengatakan bahwa konsep CVC yaitu dengan duduk bersama menyampaikan kendala yang ada sehingga tidak ada miskomunikasi sehingga antara Bea Cukai dengan perusahaan dapat bersinergi.

Acara CVC dihadiri oleh 5 (lima) perusahaan yang menggunakan fasilitas di daerah Bitung. Terdiri dari empat perusahaan fasilitas Kawasan Berikat (KB) dan satu perusahaan pengguna fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Perusahaan-perusahaan yang menggunakan fasilitas KB yaitu PT Samudera Mandiri Sentosa, PT International Alliance Food, PT Sinar Pure Foods International dan PT RD Pasific Indotuna. Sedangkan perusahaan yang menggunakan fasilitas KITE yaitu PT Delta Pasific Indotuna.

Acara CVC terlaksana secara serius namun santai dengan menggunakan sistem dialog interaktif. Masing-masing pengguna fasilitas diberikan kesempatan untuk mengutarakan kendala-kendala mereka sebagai pengguna fasilitas lalu pihak Kanwil DJBC Sulbagtara dan KPPBC TMP C Bitung memberikan tanggapan serta solusi atas permasalahan mereka. Agung Riandar Kurnianto selaku Kepala Kantor KPPBC TMP C Bitung mengatakan bahwa apapun yang menjadi keluhan para pengusaha bisa menjadi konsen kami sehingga kami bisa memberikan manfaat terutama kepada perusahaan pengguna fasilitas.

Perwakilan dari PT SMS, Sigit Saptono menuturkan, ”Kami merasa senang dengan fasilitas yang ada, namun tidak dipungkiri butuh ada ekstra effort karena perusahaan kami masih baru dan peraturan belum kami kuasai sepenuhnya. Oleh karena itu kami setuju dan senang dengan adanya CVC ini kami jadi dapat membahas permasalahan-permasalahan yang ada pada kami.”

BAGIKAN