Bea Cukai dalam Dunia Digital

0
158

Zaman yang semakin berkembang memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk mengakses segala jenis berita dimanapun dan kapan pun. Kini, setiap orang tidak harus berlangganan untuk membaca koran harian setiap pagi, cukup dengan mengakses internet melalui gawai masing-masing maka segala jenis informasi atau berita dapat diakses. Hal ini juga memberikan kemudahan dari sektor organisasi publik dalam melakukan penyuluhan informasi, tak terkecuali bagi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sendiri. Saat ini, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sedang giat-giatnya melakukan penyuluhan, layanan informasi dan sosialisasi melalui media sosial baik tentang peraturan terkait impor-ekspor, fasilitas yang diberikan kepada pengguna jasa (secara fiskal maupun non-fiskal) di bidang kepabeanan dan cukai, berita maraknya penyelundupan ilegal dan narkoba, hingga seluruh kegiatan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Melalui media sosial, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memproklamirkan re-branding Bea dan Cukai dengan tagline “Bea Cukai, Makin Baik”, serta dapat berinteraksi dengan pengguna jasa tanpa harus bertatap muka. Segala keluhan, saran dan kritik dapat disampaikan langsung melalui layanan pengaduan Bravo Bea Cukai (@bravobeacukai – 1500225). Layanan pengaduan yang berbasis akun Twitter dan layanan telepon ini cukup responsif menanggapi segala keluhan pengguna jasa seperti, pelacakan barang kiriman baik ekspor ataupun impor, pertanyaan terkait dasar hukum tata cara kegiatan impor-ekspor, syarat administrasi atau fisik fasilitas kepabeanan dan cukai, dll. Tidak hanya responsif dalam layanan pengaduan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai juga aktif serta eksis dalam media sosial. Aktivitas Bea dan Cukai dalam media sosial bisa dipantau dari beberapa akun seperti Twitter (@beacukairi dan @bravobeacukai), Instagram (@beacukairi), YouTube (www.youtube.com/beacukairi) dan Facebook (www.facebook.com/beacukaiRI).

Sebagai satuan kerja di bawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara juga turut serta eksis dalam berbagai kampanye di media sosial. Salah satu aksi kampanye dalam waktu dekat ini adalah kampanye Anti Narkoba dan kampanye Anti Rokok Ilegal. Jangan lupa juga untuk follow akun media sosial KWBC Sulbagtara di twitter (@KWBCSulbagtara), Instagram (@kwbcsulbagtara/), Facebook (Facebook (https://id-id.facebook.com/KWBCSulbagtara/), untuk mengetahui keseruan dan keasyikan kegiatan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut seperti apa kegiatan Bea dan Cukai dalam media sosial? Yuk, follow seluruh akun Bea Cukai RI dan Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagtara dalam akun media sosial kalian masing-masing.

 

#beacukaimakinbaik

#beacukairi

BAGIKAN