SAHABAT BC SERING TRAVELLING KE LUAR NEGERI? PASTI BAWA OLEH-OLEH KAN? UDAH TAU BELUM PERATURAN BEA CUKAI YANG MENGATUR HAL ITU?

0
141

Sahabat BC sering travelling ke luar negeri?
Pastinya suka belanja juga kan disana?
Udah tau belum kalau bea cukai memberikan pembebasan bea masuk terhadap barang bawaan penumpang?
Yuk simak uraikan berikut!

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Impor dan Ekspor Barang yang dibawa oleh penumpang, batasan pembebasan bea masuk diberikan sebesar FOB USD 500/orang. Angka tersebut sudah dinaikkan dari yang sebelumnya hanya FOB USD 250/orang. Dan sudah tidak berlaku kembali istilah keluarga untuk barang pribadi penumpang.

Selain menaikkan batasan pembebasan bea masuk, juga diberikan penyederhanaan pengenaan tarif bea masuk yang sebelumnya dihitung per item barang sekarang menjadi hanya tarif tunggal yaitu 10%. Hal ini sesuai dengan praktik internasional. Penggunaan tarif tunggal juga diberlakukan oleh Singapura (7%), Jepang (15%), dan Malaysia (30%).

Terus gimana kalo Sahabat BC mau bawa minuman alkohol atau rokok?
Untuk MMEA boleh dibawa masuk ke Indonesia sebanyak 1 liter. Jika lebih akan dimusnahkan oleh petugas bea cukai. Sedangkan untuk barang kena cukai, diberikan pembatasan 200btg sigaret, 25 btg cerutu, 100gr tembakau iris/produk HT lainnya.
Selain itu, Sahabat BC juga bisa loh membawa uang tunai asal tidak melebihi 100juta rupiah atau mata uang lain yang setara dengan itu.

Sekarang Sahabat BC udah paham kan?
Jadi, Sahabat BC udah nggak perlu risau lagi terkait barang bawaannya.

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#setiapkitaadalahhumas
#BarangBawaanPenumpang
#eduBC

BAGIKAN