Jalin Sinergi, Cukai-Bareskrim Polri Lakukan Pembahasan TPPU

0
140

Dalam usaha pengamanan penerimaan negara, Bea Cukai telah melakukan upaya-upaya strategis yang salah satunya adalah melaksanakan audit terhadap perusahaan impor-ekspor. Ini merupakan hal yang telah lama dilakukan Bea Cukai dan telah menyumbangkan penerimaan negara yang cukup signifikan.

Direktur Audit Kepabeanan dan Cukai, Nirwala menyampaikan pemeriksaan audit dapat menutupi pengawasan yang tidak terjangkau pada saat pelaksanaan ekspor/impor. Ini juga berlaku terhadap perusahaan-perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas kepabeanan seperti MITA (mitra utama) atau MITA prioritas.

Ia juga menjelaskan auditor sebagai orang yang memiliki keahlian di bidang keuangan dan akuntansi, harus mampu untuk mengungkapkan indikasi terhadap ada atau tidaknya Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pada suatu perusahaan/badan. Hal-hal tersebut menjadikan Audit sebagai poin plus dalam proses pengawasan Bea dan Cukai.

Sementara itu, Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia, Arief Sulistyanto dalam ceramah umum TPPU memberikan dukungan penuh terhadap Bea Cukai dalam mengamankan penerimaan negara melalui perkuatan sinergi. Beliau mengharapkan kerjasama antara Bea Cukai dan Polri bertujuan dan berorientasi kepada pengabdian kepada negara dan masyarkat dapat terjalin dengan lancar

“Jangan pernah ragu dalam melakukan kebenaran. Kalau benar jangan gentar, kalau sah jangan gelisah, kalau bersih jangan pernah risih,” ujar Arief Sulistyanto.

Disamping itu, Arief juga berpesan kepada jajaran Bea Cukai agar selalu menjaga integritas dan selalu memperdalam pengetahuan tentang ketentuan-ketentuan dalam melaksanakan audit dan juga penyidikan TPPU. Masalah yang semakin kompleks serta pengaruh perkembangan teknologi informasi menjadikan tantangan yang semakin beragam.

Sumber : https://www.gatra.com/rubrik/info-bea-cukai/359028-Jalin-Sinergi-Cukai-Bareskrim-Polri-Lakukan-Pembahasan-TPPU

BAGIKAN