Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kunjungi Bumi Nyiur Melambai

0
151
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pada Kamis, 17 Januari 2019 pukul 14.15 WITA. Selanjutnya Sri Mulyani langsung meluncur ke Universitas Sam Ratulangi untuk memberikan Kuliah Umum dengan tema Kebijakan Fiskal Indonesia. Sri Mulyani disambut oleh seluruh akademisi dan mahasiswa dengan penuh antusias.
Selesai melaksanakan Kuliah Umum, Sri Mulyani kembali meluncur menuju ke Gedung Keuangan Negara Manado. Kedatangan Sri Mulyani dalam rangka memberikan pengarahan dan bertemu sapa dengan seluruh pegawai Kementerian Keuangan di Sulawesi Utara. Dalam kunjungannya di Gedung Keuangan Negara Manado, Sri Mulyani didampingi oleh Direktur Jenderal Pajak (Robert Pakpahan), Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (Astera Primanto Bhakti), Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Isa Rachmatarwata), Direktur Jenderal Perbendaharaan (Marwanto Harjowiyono) beserta Staf Kementerian Keuangan.

Dalam pengarahannya, Sri Mulyani menyampaikan beberapa poin penting diantaranya:
1. Ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru serta ucapan terima kasih karena pada tahun 2018 sudah ditutup dengan kinerja yang baik.
2. APBN tahun 2018 mengalami penguatan, terlihat dari pajak penghasilan yang penerimaannya meloncat tinggi dan PPN yang tetap terjaga dengan baik. Penerimaan menunjukkan momentum adanya perkuatan. Jika penerimaan negara sangat kuat, maka belanja negara juga mengalami realisasi yang sama kuatnya.
3. Kementerian Keuangan harus selalu siap menghadapi tantangan baik secara domestik terlebih secara global. Pada tahun 2018 Indonesia mengalami guncangan yang tidak mudah, baik dari bencana alam ataupun dari dunia internasional dan politik. Ekspor, impor, dan capital flow mempengaruhi perekonomian Indonesia yang terbuka. Sehingga tantangan global dan domestik tidak akan semakin mudah. Kementerian Keuangan harus siap akan hal tersebut. Tahun 2019 harus dihadapi dengan optimis namun tetap waspada.
4. Apresiasi kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan di Sulawesi Utara atas semua kerja baik dan kerja keras sehingga dapat menunaikan tugas mulia pada tahun 2018. Kementerian Keuangan memiliki tugas mengawal dan menciptakan investasi yang baik, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, membuat suasana ekonomi yang positif, memastikan bahwa seluruh investor memiliki confidence, dan meyakinkan masyarakat bahwa Kementerian Keuangan akan meberikan kepastian ekonomi dan hukum.
5. Kementerian Keuangan harus tetap menjaga semangat. Berhak bahagia dan bangga atas pencapain tahun 2018. Gunakan rasa bangga dan bahagia tersebut untuk memasuki tahun 2019 dengan optimisme dan tetap berhati-hati dalam menjalankan tugas secara bersama-sama dengan membangun sinergi.
Pengarahan ditutup dengan foto bersama dengan seluruh instansi Kementerian Keuangan yang ada di Sulawesi Utara.
Jumat, 18 Januari 2019 pukul 8.30 WITA Sri Mulyani berangkat dari Manado menuju ke Tahuna dengan agenda berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak Tahuna dan uji coba jaringan “Palapa Ring Tengah” (Jaringan Komunikasi bawah laut) di Tahuna, Sangihe. Sri Mulyani juga melakukan uji coba dengan melakukan video conference ke Jakarta, hasilnya pun sangat memuaskan. Dalam uji coba tersebut Sri Mulyani didampingi oleh Menteri Kominfo, Rudiantara.

Pukul 14.00 WITA Sri Mulyani kembali berangkat dari Pulau Tahuna menuju ke Manado. Tiba di Bandara Sam Ratulangi pada pukul 15.30 WITA, Sri Mulyani mnyempatkan untuk singgah di KPPBC TMP C Manado. Kedatangan beliau untuk bertemu dan memberikan semangat kepada jajaran pegawai bea cukai agar terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat demi bea cukai makin baik. Sri Mulyani juga menyempatkan untuk menengok Gudang Tegahan yang berlokasi di belakang kantor KPPBC TMP C Manado. “Lakukan pekerjaanmu dengan kebanggaan, loyalitas, kerendahan hati, dan ambisi untuk menjadi lebik baik lagi. Karena setiap prestasi yang kita raih berarti meningkatkan harapan masyarakat untuk lebih maju lagi.”

Pesan Sri Mulyani kepada seluruh jajaran di Kementerian Keuangan.

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#KunjunganMenkeu
#kegiatanBC

BAGIKAN