REALISASI PENERIMAAN KANWIL BEA CUKAI SULBAGTARA SENTUH 143,56%

0
376

Penerimaan bea dan cukai sepanjang 2018 tercatat Rp 205,5 triliun atau 105,87% dari target awal Rp 194,1 triliun. Angka ini melebihi target yang ditetapkan dalam APBN 2018. Realisasi penerimaan ini terdiri dari bea masuk Rp 39 triliun dari target Rp 35,7 triliun atau 109,3%, bea keluar Rp 6,8 triliun dari target Rp 3 triliun atau 225% di atas target, dan cukai tercapai Rp 155,4 triliun atau 102,7% dari target Rp 159,7 triliun.

Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara terdiri dari 6 KPPBC dan 1 PSO. Realisasi penerimaan oleh Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara hingga 31 Desember 2018 menyentuh Rp 384,72 Miliar. Angka tersebut 143,56% dari target awal tahun Rp 267,99 Miliar. Realisasi penerimaan tersebut terdiri dari beberapa komponen diantaranya Bea Masuk Rp 334,50 Miliar, Bea Keluar Rp 31,27 Miliar, dan Cukai (yang terdiri dari Cukai Hasil Tembakau, MMEA, dan Cukai Lainnya) RP 18,94 Miliar.

Realisasi Joint Program yang terdiri dari Joint Analysis, Joint Collection, Joint Investigation, dan Dasar Sasaran Analisis Bersama (DSAB) telah melebihi target, dimana target awal Rp 48,18 Miliar dan realisasi Rp 48,57 Miliar atau 100,8%.

Dari sisi Industrial Assistance dan Trade Fasilitator, Kanwil Bea Cukai Sulbagtara telah menerbitkan fasilitas berupa izin Kawasan Berikat (KB) dan izin Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) KITE. Izin KB yang diberikan setelah adanya percepatan pada tahun 2018 berjumlah 8 KB. Dengan begitu total izin KB yang berada di bawah pengawasan Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara berjumlah 14 yang tersebar di wilayah Bitung, Pantoloan, dan Morowali. Sedangkan KITE terdapat 1 perusahaan yang berlokasi di Bitung. Dengan adanya fasilitas yang diberikan diharapkan akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat di wilayah Sulawesi Utara.

Dari sisi pengawasan, penindakan terhadap barang ilegal meningkat secara kualitas dan kuantitas. Di lingkungan Satuan Kerja Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara terdapat beberapa penindakan. Diantaranya adalah MMEA dengan total kerugian negara Rp 2,84 Miliar, Balpress dengan total kerugian negara Rp 8 Miliar, Besi dan Baja (Furniture) dengan total kerugian negara Rp 208,98 Juta, juga ditegahnya barang-barang pornografi seperti sex toys akan memberikan perlindungan terhadap generasi muda di masyarakat. Hasil Tembakau dengan total kerugian negara Rp 2,94 Miliar, dan Rotan dengan jumlah barang yang ditindak sebesar 80 ton. Sehingga total kerugian negara yang dapat diselamatkan sejumlah Rp 13,99 Miliar.

Prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras secara kolektif dari KPPBC TMP C Manado, Bitung, Luwuk, Gorontalo, Morowali, Pantoloan, dan Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Pantoloan. Selain itu, dukungan masyarakat dan stakeholder di lingkungan Satuan Kerja Kanwil Bea Cukai Sulbagtara juga sangat penting dalam terciptanya prestasi yang sangat membanggakan tersebut.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih dari Ibu Menteri Keuangan, Pak Dirjen Bea Cukai dan dari Saya untuk rekan rekan semuanya. Saya sangat mengapresiasi seluruh pegawai khususnya di lingkungan Satuan Kerja Kanwil Bea Cukai Sulbagtara. Ini merupakan hasil dari kerja keras kita. Saya berharap keberhasilan ini tidak membuat kita lantas lupa diri. Berbangga hati boleh karena ini merupakan prestasi yang sangat baik. Namun, jangan sampai kita lepas kendali. Semoga di tahun 2019, tahun yang baru, semangat kita juga baru. Kinerja dan prestasi kita juga semakin meningkat demi bea cukai makin baik.” ungkap Cerah Bangun selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara.

“Kami berharap kedepannya bea cukai tidak hanya melulu soal mengumpulkan penerimaan sesuai dengan target yang telah ditentukan, melainkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder secara lebih maksimal.” pungkas Cerah Bangun.

 

Catatan:

Untuk mengetahui data penerimaan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara lebih lengkap silahkan kunjungi:

http://kwbcsulbagtara.beacukai.go.id/data-statistik/#1538020402347-234c2d95-0745

Masyarakat dan stakeholder dapat menghubungi Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara melalui website www.kwbcsulbagtara.go.id atau media sosial instagram @kwbcsulbagtara, facebook: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara, twitter @kwbcsulbagtara.

Apabila masyarakat mengetahui dan mendapati adanya pelanggaran ketentuan kepabeanan dan cukai agar dapat melaporkan ke Kantor Bea Cukai terdekat atau dapat menghubungi Bravo Bea Cukai 1500225.

BAGIKAN