Kanwil Bea Cukai Sulbagtara Adakan Sosialisasi PER-02/BC/2019 tentang Tata Laksana Monitoring dan Evaluasi & Bulan Penegakan IT Inventory

0
141

Sosialisasi PER-02/BC/2019 tentang Tata Laksana Monitoring dan Evaluasi & Bulan Penegakan IT Inventory diselenggarakan di Lantai 6 Gedung Keuangan Negara Manado. Dalam acara tersebut, Tatang Yuliono selaku
Kasubdit Tempat Penimbunan Berikat dan Budi Kristanto selaku Kepala Seksi Evaluasi Harmonisasi Kebijakan TPB datang secara khusus dari Kantor Pusat Bea Cukai untuk menjadi narasumber.

Acara dibuka langsung oleh Lenni Ika Wahyudiasti selaku Plh. Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara. Dalam kata sambutannya Lenni Ika menyampaikan bahwa sosialisasi terkait PER-02 ini sangat perlu. Beliau memgutip slogan kehumasan yaitu “Setiap Kita Adalah Humas” jadi meskipun masing-masing pegawai masuk ke dalam bidang yang berbeda, namun diharapkan semua pegawai mengetahui semua peraturan karena ketika kita berada di luar dan mengenakan seragam bea cukai, masyarakat mengetahui kita sebagai bea cukai. Jadi kita harus siap apabila ada pertanyaan dari masyarakat.

Acara dihadiri oleh Iriyanto selaku Kepala KPPBC Morowali, Kepala Seksi pada satker Kanwil Bea Cukai Sulbagtara dan para stakeholder.

Bulan pembinaan dan penegakan IT Inventory diselenggarakan untuk mengetahui data awal IT Inventory masing-masing Kawasan Berikat.
Hal tersebut selaras dengan tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai Community Protector dan Industrial Assistance dimana dalam hal ini adalah melaksanakan pengawasan Fasilitas Penimbunan Berikat melalui IT Inventory dan Monitoring dan Evaluasi pengawasan dan pelayanan fasilitas Penimbunan Berikat yang tersebar di Indonesia. IT Inventory merupakan hal yang penting dalam menentukan arah perlakuan terhadap perusahaan pemegang fasilitas.

Berdasarkan Pasal 15 PMK 131/PMK.04/2018 dan Pasal 27 Per-19/BC/2018 kewajiban apengusaha KB atau PDKB adalah Mendayagunakan IT Inventory yang merupakan subsistem dari sistem informasi akuntansi yang akan menghasilkan informasi keuangan yang akan digunakan secara kontinu dan realtime serta dapat diakses oleh DJP dan DJBC.

Dalam acara tersebut juga dibagikan kuisioner terhadap masing-masing perusahaan yang berfungsi untuk mengetahui IT Inventory yang dimiliki perusahaan, apakah sudah sesuai ketentuan, khususnya terkait apakah IT Inventory perusahaan merupakan sub sistem dari sistem pencatatan perusahaan yang akan menghasilkan informasi laporan keuangan dan informasi lain yang dibutuhkan oleh stakeholder.

#beacukairi
#bckanwilsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#SosialisasiPER-02
#KegiatanBC

BAGIKAN