Boedi Oetomo

0
207

Pada upacara Hari Kebangkitan Nasional tadi pagi, Sri Mulyani mengingatkan kembali dalam pidatonya asal usul Hari Kebangkitan Nasional.

Ketika belajar di STOVIA, Dr. Soetomo bersama rekan-rekannya mendirikan Boedi Oetomo, organisasi modern pertama di Indonesia, pada tanggal 20 Mei 1908, yang kemudian diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.
Usaha Boedi Oetomo merupakan tonggak dari suatu cara baru dalam membebaskan masyarakat dari penjajahan. Bukan dengan mengangkat bambu runcing ataupun senapan, melainkan dengan berorganisasi. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana para pemuda Indonesia bersatudalam organisasi, mengesampingkan perbedaan latar belakang dan kepentingan pribadi, yang pada akhirnya mendorong bangkitnya semangat nasionalisme dan kebangsaan.

Berdirinya Boedi Oetomo ini telah menandai perubahan perjuangan rakyat yang mengedepankan diplomasi dan bukan fisik. Boedi Oetomo telah menginspirasi berdirinya organisasi-organisasi pergerakan lainnya seperti Sarekat Islam, Indische Partij, Partai Nasional Indonesia, dan partai-partai lain yang masing-masing memperjuangkan tercapainya tujuan bersama, yaitu kemerdekaan Indonesia.

#beacukairi
#bcmakinbaik
#kwbcsulbagtara
#setiapkitaadalahhumas
#BoediOetomo
#EnsikloBC

BAGIKAN