Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat melakukan talkshow radio di SmartFM dengan Topik Barang Bawaan Penumpang dan Barang Kiriman

0
148

Manado, 25 April 2019 – Pagi tadi, untuk mengawali hari masyarakat Manado dan menemani selama di perjalanan Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat melakukan talkshow radio di SmartFM . Topik yang diangkat kali ini mengenai “Barang Bawaan Penumpang dan Barang Kiriman” berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 112/PMK.04/2018 hal tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 182/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.
.
Hal ini adalah salah satu tugas Bea Cukai sebagai Community Protector maka semua barang bawaan dan barang kiriman yang masuk ke Indonesia akan dicek terlebih dahulu oleh Bea Cukai guna memastikan bahwa barang kiriman yang masuk tidak melanggar ketentuan yang berlaku. Budi menjelaskan bahwa setiap orang mendapat fasilitas pembebasan atas nilai barang yang tidak melebihi 500 USD untuk barang bawaan penumpang, dan 75 USD untuk barang kiriman.


.
“Setiap penumpang akan diberikan Customs Declaration untuk diisi sebelum tiba di Indonesia. CD sendiri adalah pemberitahuan pabean atas barang impor yang dibawa oleh penumpang atas awak sarana pengangkut” ujar Budi menjelaskan pada sesi barang bawaan penumpang. “Untuk barang kiriman wajib diberitahukan kepada petugas Bea Cukai dan akan dilakukan pemeriksaan fisik barang disaksikan oleh petugas pos atau perusahaan jasa titipan.” tambah Budi.
.
Sebelum menutup acara talkshow radio, Budi menegaskan kembali untuk berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai. Budi menjelaskan bahwa Bea Cukai tidak pernah menghubungi masyarakat melalui nomor pribadi atau media sosial, meminta transfer ke rekening pribadi, dan menghimbau masyarakat untuk mengetahui modus-modus penipuan sekarang ini.
#beacukairi
#kwbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#setiapkitaadalahhumas
#kegiatanbc

 

BAGIKAN