Kepengin Masuk Bea Cukai  

0
229

 

Desa Pandes, sebuah desa yang hijau, aman, damai di kelilingi  hamparan sawah  yang luas, dibelah aliran sungai yang bening airnya. Terletak di Jawa Tengah, bak taman yang indah. Disitu ada seorang anak muda cerdas, gagah dan tentu saja kece, Iwan namanya. Seorang pegawai bea cukai fresh graduate lulusan PKN STAN. Selepas lulus, dia bertugas di KPU BC Soekarno Hatta, Jakarta. Saat itu dia sedang mudik lebaran. Dia tinggal bersama orang tuanya.

Dia suka olahraga naik sepeda, berkeliling desa menghirup udara pagi hari yang bersih dan segar, menyusuri area persawahan, melewati pinggir sungai. Melihat petani membajak sawah. Melihat bebek mandi di sungai, burung-burung beterbangan, kambing-kambing makan rumput dengan lahapnya. Alam pedesaan yang asri dengan back ground gunung merapi yang kokoh berdiri.

Saat bersepeda tiba-tiba dari arah belakang ada suara nyaring memanggil Iwan. Dengan tenaga sekuat macan seketika itu juga Iwan mengerem sepeda, grek, sepedapun berhenti dan ia menengok kebelakang, wow ternyata ada Niken. Niken ini adalah anak SMA. Dia tinggal satu desa dengan Iwan, rumahnya tidak jauh dari Iwan hanya terhalang jarak oleh hamparan sawah yang luas. Timbullah percakapan diantara mereka di bawah pohon munggur/trembesi/ Albizia saman:

Niken : “Apa kabar Mas Iwan, kapan datang?”

Iwan   : “Alhamdulillah sehat, tadi pagi naik kereta, gimana kabarmu, sudah kelas

berapa?”

Niken : Sehat juga Mas, sekarang, aku sudah kelas 3 SMA. Mas Iwan sekarang jadi

pegawai bea cukai ya, gimana sih mas cara masuk jadi pegawai bea cukai itu?

Iwan   : Ya alhamdulillah. Untuk menjadi pegawai bea cukai itu harus masuk pkn stan

dulu. PKN STAN ini adalah kampus kedinasan punya kementerian keuangan.

Disitu banyak jurusannya ada pajak, bea cukai, akuntansi, dan manajemen

keuangan. Kamu bisa pilih programnya bisa D1 atau D3, bedanya cuma lama

pendidikannya, kalau D1 cuma setahun kalau D3 waktunya 3 tahun.

Niken : Kampus kedinasan itu apa sih Mas maksudnya?

Iwan   : Selama kuliah sampai lulus kamu gratis, tis,tis. Gak bayar sama sekali. Tak ada

uang gedung, uang semesteran tidak ada. Cuma untuk biaya hidup ditanggung

sendiri seperti biaya kos, makan, pulsa, sabun mandi sama make up kamu, bayar

sendiri ya.  Nanti kalau sudah lulus kamu langsung bekerja dan diangkat menjadi

CPNS kemudian PNS.

Niken : Wah enak dong Mas, sekolah gratis lulus langsung kerja.

Iwan   : Alhamdulillah, selain itu jika kamu masuk PKN STAN kamu juga termasuk

membantu orang tuamu, orang tuamu gak mengeluarkan uang untuk biaya

kuliah. Coba kamu kalo kuliah selain kedinasan, ada uang gedung, semesteran,

banyak deh.

Niken : Ya Mas, betul. Pengin saya masuk PKN STAN, syarat-syaratnya apa sih mas,

kapan pendaftarannya?

Iwan   : Syarat-syaratnya antara lain memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah  tidak

kurang dari 70, khusus bea cukai untuk cowok D1 tinggi minimal 165 cm,

sedangkan untuk cewek 155 cm. Lebih lengkapnya kamu buka

http://www.pknstan.ac.id. Pendaftaran biasanya sih dibulan bulan april-mei.

Kamu  harus rajin belajar, supaya bisa lulus, saingannya berat tapi kamu harus

berani coba.

Niken : Kalo gak diterima, aku gimana?

Iwan   :  Wah jangan pesimis dong, belum juga dicoba sudah nyerah. Kamu harus banyak

belajar, baca-baca buku masuk stan tahun-tahun yang lalu. Sering Ikutan try out

masuk PKN STAN. Kalo masih gak diterima juga, ya………. sudah deh jadi

istrinya pegawai bea cukai aja…..hahaha

Niken : ????hahaha….Tuing tuing ( bunyi godril* jatuh di stang sepeda)

Niken : Makasih ya Mas, main dong kerumah

Iwan   : Oke deh, lain waktu aja ya…

 

Selesai

Godril* : buah pohon munggur/trembesi

BAGIKAN