MARHABAN YA RAMADHAN

0
179

Bulan Ramadhan telah tiba. Inilah bulan yang ditunggu – tunggu oleh semua umat Islam di seluruh penjuru dunia. Bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan. Selain itu juga bulan yang penuh dengan pahala dan kebaikan. Para sahabat dahulu sangat mendambakan Bulan Ramadhan ini. Mereka menyambutnya dengan gembira karena bulan Ramdahan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Allah SWT memberikan perintah kepada seluruh umat muslim untuk berpuasa. Pintu-pintu surga dibuka. Pintu-pintu jahim (neraka) telah ditutup. Setan-setan pun dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan dengan 1000 bulan. Perintah puasa ada di dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183 : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.

Tentunya kita sangat menyayangkan bila hari demi hari terlewat begitu saja, tanpa ada amalan yang istimewa. Mari kita isi hari demi hari dengan kebaikan karena setiap kebaikan di Bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Pahala ibadah sunnah saat Bulan Ramadhan sama seperti pahala ibadah wajib. Sedangkan ibadah wajib akan dibalas dengan 70 kali lipat. Pahala orang berpuasa tidak terhingga hanya Allah SWT yang akan membalasnya.

Supaya kegiatan ramadhan kita maksimal, kita perlu mempersiapkan dengan sungguh-sungguh. Persiapan tersebut antara lain:

  1. Berdoa Sebelum Ramadhan

Agar Allah SWT memperpanjang umur kita agar bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan. Selain itu kita juga berdoa agar diberi kekuatan iman dan kesehatan selama puasa sebulan penuh.

  1. Membekali Diri dengan Ilmu

Selama melaksanakan ibadah puasa kita wajib dilandasi dengan ilmu. Kita perlu mengetahui perkara perkara yang wajib, sunah maupun yang haram, karena syarat ibadah yang diterima Allah SWT adalah ilmu dan ikhlas. Selain itu, kita melaksanakan ibadah senantiasa mencontoh yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Membekali ilmu dengan cara membaca buku atau dapat pula menghadiri kajian keislaman.

  1. Bayar Utang Puasa

Sebaiknya kalau kita akan berpuasa Ramadhan kita sudah membayar hutang puasa Ramadhan sebelumnya,  karena apabila dikemudian hari kita tidak berpuasa karena sesuatu hal yang dibenarkan secara syar’i, maka hutang puasa kita akan bertambah.

  1. Sedekah

Sebelum datangnya Bulan Ramadhan persiapkan keuangan agar kita dapat lebih banyak bersedekah. Selain itu kita juga dapat memberi buka puasa/takjil. Nabi Muhammad SAW adalah orang yang amat dermawan ketika Bulan Ramadhan. Kedermawanan beliau dalam kebaikan diibaratkan melebihi angin yang berhembus.

  1. Latihan Puasa

Latihan puasa dapat kita laksanakan dengan melaksanakan puasa sunah seperti puasa senin kamis atau puasa di bulan rajab. Sehingga kita terlatih berpuasa. Jika sudah terlatih maka  di Bulan Ramadhan kita jadi terbiasa dan tidak terasa berat. Sehingga puasa kita di Bulan Ramadhan bisa lancar sampai sebulan penuh.

Demikian hal-hal yang perlu kita lakukan di Bulan Ramadhan. Semoga kita senantiasa mendapatkan kekuatan, kesehatan dan kemudahan untuk melaksanakan ibadah puasa.

BAGIKAN