Pengarusutamaan Gender

0
205

Hai SahabatBC!
Pasti kalian udah pada denger tentang Pengarusutamaan Gender kan? Apasih sebenernya PUG itu? Yuk kita cari tau!

Pengarusutamaan Gender (PUG) atau Gender Equality and Diversity (GED) sendiri merupakan bagian dari mandat konvensi internasional untuk Hak Asasi Manusia (HAM). Prinsip GED pada kebijakan dan prosedur kepabeanan serta infrastrukturnya adalah dukungan bagi Indonesia dan dunia untuk mewujudkan penegakan hak asasi manusia.

PUG diarahkan untuk memastikan bahwa perempuan dan laki-laki mempunyai kesamaan akses untuk berpartisipasi, mengawasi dan memperoleh keuntungan yang sama dalam pembangunan.

Bea Cukai mendukung penuh implementasi GED berstandar internasional dengan menginklusikan GED dalam program transformasi kelembagaannya. Tidak hanya itu, reward dan role model diperlukan bagi keseluruhan institusi dan publik untuk menerapkan GED di lingkungan kerjanya, dan mendorong partisipasi perempuan di berbagai bidang, terutama di sektor teknologi dan e-commerce.


Contoh Bentuk Ketidakadilan Gender
1. Subordinasi yaitu sebuah posisi atau peran yang dinilai lebih rendah dari peran yang lain.
2. Marjinalisasi
Peminggiran peran ekonomi perempuan dengan asumsi bahwa perempuan adalah pencari nafkah tambahan serta peminggiran peran politik perempuan dengan asumsi bahwa perempuan tidak bisa menjadi pemimpin yang mengakibatkan proses pemiskinan terhadap peran kaum perempuan.
3. Beban Ganda
Masuknya perempuan di sektor publik tidak senantiasa diiringi dengan berkurangnya beban mereka di dalam rumah tangga.
4. Kekerasan
Peran gender telah membedakan karakter perempan dan laki-laki.
5. Stereotype (Pelabelan) yaitu pemberian label atau cap yang dikenakan kepada seseorang sehingga menimbulkan anggapan yang salah

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#PUG
#eduBC

BAGIKAN