Fasilitas itu Tidak Perlu Repot!

0
179

Portal Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Online

Fasilitas KITE ada 2 yaitu :

  1. Fasilitas pembebasan bea masuk dan PPN impor tidak dipungut atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor
  2. Fasilitas pengembalian bea masuk atas impor bahan baku untuk diolah, dirakit, dipasang dan hasil produksinya diekspor Pengertian Bea Masuk termasuk bea masuk tambahan seperti bea masuk anti dumping, bea masuk pembalasan, bea masuk safeguard, dan bea masuk imbalan.

Fasilitas KITE IKM diberikan kepada Badan usaha industri manufaktur yang berorientasi ekspor dan telah mempunyai NIPER.

Nah, Pada tahun 2019 tepatnya pada bulan Februari untuk menunjukkan komitmen nyata dalam rangka mendorong pertumbuhan ekspor nasional Bea Cukai meluncurkan Portal KITE Online (E-KITE) untuk pengguna jasa yang menggunakan fasilitas KITE yang dapat diakses melalu portal pengguna jasa. Portal KITE Online ini merupakan salah satu upaya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk memudahkan pengguna jasa di era yang semua dilakukan secara real-time dan dapat dilakukan dimana saja untuk melaksanakan kewajibannya sebagai pengguna fasilitas KITE.

Pengguna jasa dapat menggunakan portal KITE ini untuk melaporkan dokumen BCLKT , Konversi dan dapat memonitor dokumen PIB dan PEB yang mendapatkan fasilitas KITE. Tentu saja dengan adanya portal KITE ini memudahkan pengguna jasa karena semua kegiatan menjadi paperless dan lebih efektif dan efisien.

Adapun tujuan dari perubahan kebijakan terkait KITE ini adalah untuk mengakomodasi perkembangan dunia usaha, memperluas rantai pasok bahan sebagai substitusi barang impoir, dan memperluas saluran ekspor hasil produksi.

Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan oleh pemerintah ini, diharapkan pengusaha turut mendukung dengan mengajukan diri sebagai penerima fasilitas KITE dan memanfaatkannya sehingga dengan adanya sinergi ini, kinerja ekspor dapat ditingkatkan.

#beacukairi
#bckanwilsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#KITEIKM