KANWIL BEA CUKAI SULBAGTARA LAKUKAN OPSAR PEREDARAN BKC HT DI KOTA GORONTALO

0
212

Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara gandeng Bea Cukai Gorontalo lakukan operasi pasar (opsar) peredaran Brang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT). Opsar yang diselenggarakan di Kota Gorontalo tersebut rencananya akan berlangsung selama 2 hari yakni pada Selasa – Rabu 25 – 26 Juni 2019. Opsar tersebut digelar dalam rangka “Operasi Gempur Rokok Ilegal” yang serentak secara nasional dilaksanakan oleh seluruh Kantor Bea Cukai di Indonesia. Sasaran yang dituju ialah toko – toko yang menjual rokok konvensional di wilayah Gorontalo. Operasi Pasar tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai aturan terkait Cukai Hasil Tembakau dan menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Gorontalo. Dari toko – toko dan titik perbelanjaan yang didatangi oleh tim, tidak ditemukan indikasi pelanggaran terkait cukai hasil tembakau. “Kemarin sempet ada yang nawarin rokok murah disini Pak tapi kami nggak mau soalnya takut nanti bakal ditangkap.” ucap Aisyah, salah satu pemilik toko.

Dalam rangka menekan angka peredaran rokok ilegal, masyarakat memegang peranan penting. Salah satunya dapat ditunjukkan dengan tidak membeli rokok polos tidak berpita cukai atau rokok dengan harga yang murah karena hal tersebut berpotensi melanggar ketentuan di bidang cukai. Ditambah dengan tidak dicantumkannya peringatan bahaya merokok pada desain kemasan rokok tersebut. “Kita nggak pernah jual yang begituan Pak (rokok ilegal) karena masyarakat disini tidak mau beli rokok yang begituan, sedikit gengsi sih” ucap Agung, salah satu pemilik toko.

Selain berpotensi mengurangi pemasukan negara, sehingga pembangunan sarana prasarana dan penyediaan fasilitas umum dapat terganggu, rokok ilegal juga berpotensi meningkatkan jumlah perokok pemula karena tidak membayar cukai yang mengakibatkan harganya jauh lebih murah.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang mengetahui indikasi adanya peredaran rokok ilegal dapat menguhubungi kantor Bea Cukai terdekat atau ke call center Bea Cukai di 1500 225.

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#OperasiGempurRokokIlegal
#kegiatanBC

BAGIKAN