Operasi Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Sasar Kawasan Malang Selatan

0
172

Rokok ilegal sebanyak 27.720 batang dan 732 botol miras dari 6 Kios diamankan Bea Cukai Malang dalam Operasi Gempur Rokok Ilegal, Kamis (20/6/2019). Operasi itu menindaklanjuti surat perintah dari Direktur Jenderal terkait pelaksanaan operasi gempur rokok ilegal.

Operasi gempur rokok ilegal dilaksanakan di Pasar Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dan toko di wilayah Kecamatan Turen.

“Dalam operasi tersebut, petugas masih menemukan beberapa pelanggaran terkait penjualan rokok ilegal dan penjualan miras tanpa izin,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Malang, Rudy Hery Kurniawan, Sabtu (22/6/2019).

Petugas melakukan operasi dengan mendatangi toko-toko di wilayah Kecamatan Turen dan kios-kios di Pasar Dampit untuk melakukan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati barang bukti berupa rokok ilegal sebanyak 27.720 batang dan 732 botol miras dari 6 kioa.

“Petugas mengamankan seluruh barang bukti dengan dibawa ke kantor serta menempelkan sticker bertuliskan Gempur Rokok Ilegal di toko-toko/kios-kios yang telah didatangi petugas,” imbuh Rudy.

Dari operasi tersebut, ditaksir kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp 12.703.060. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

“Ke depannya, Bea Cukai Malang akan melanjutkan operasi pasar di lain tempat di wilayah Malang Raya,” kata Rudy.

Bea Cukai Malang optimis dengan dilakukannya operasi pasar di wilayah Malang Raya, peredaran rokok ilegal di wilayah Malang Raya dapat ditekan. Tentunya hal tersebut dapat memberi dampak positif terhadap penerimaan negera dari sektor cukai.

“Juga perlu diperhatikan bahaya serta kerugian yang ditimbulkan apabila rokok ilegal marak beredar yang dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan masyarakat dan juga kepada perekonomian daerah maupun negara,” tutur Rudy.

Sumber:

https://suryamalang.tribunnews.com/2019/06/22/operasi-gempur-rokok-ilegal-bea-cukai-sasar-kawasan-malang-selatan.
Penulis: Benni Indo
Editor: Achmad Amru Muiz

BAGIKAN