Bosan Kerja ah…

0
433

Pernahkah kamu merasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan? Atau merasa malas duduk di tempat kerja seperti biasanya? Atau merasa sudah bekerja namun tidak memproduksi kreativitas apapun?

Tak bisa dipungkiri, pekerjaan yang sama setiap harinya bisa membuat kita lelah. Pekerjaan yang menumpuk, terikat deadline, tidak ada waktu bersantai, bayangkan hal tersebut terulang dari Senin ke Senin.

Apalagi kalau kamu bekerja di dunia kehumasan di mana kita dituntut untuk “menciptakan” pekerjaan sendiri, membangun kreativitas, menciptakan inovasi dalam pengembangan organisasi. Memproduksi muatan dan bahan, serta materi publikasi menjadi suatu keharusan.

Tapi tenang saja SobatBC, tidak perlu resah dan galau, karena kamu ga sendiri dan hal itu dirasakan semua orang. MinBC akan memberikan tips n trik supaya kamu bisa kembali semangat lagi bekerja demi Bea Cukai Makin Baik!

 

  1. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan Saat Bekerja

Coba hal yang menyenangkan saat kamu bekerja, misalnya sambil mendengarkan musik atau sambil memakan cemilan favoritmu. Tapi, jangan sampai melakukan hal yang bisa mengganggu konsentrasimu saat bekerja.  Buat pekerjaanmu dapat dilakukan senyaman mungkin tapi usahakan tetap fokus ya!

 

  1. Jangan Takut Akan Gagal

Ketakutan akan kegagalan menjadi penghalang utama dalam berkreativitas. Seolah menjadi tembok besar yang pasti tidak akan bisa ditembus. Akhirnya pasrah dan tidak berbuat apapun. Parahnya lagi, pimpinan memberikan hukuman atas kegagalan itu. Karena hal itulah, timbul kecenderungan untuk melakukan hal yang hasilnya pasti-pasti saja. Program kerja yang sudah rutin itu saja yang dilakukan. Dalam organisasi ini, hasil kerja bisa saja dikatakan baik, tetapi tidak akan pernah menghasilkan sesuatu yang inovatif.

Untuk itu hilangkan rasa takut akan kegagalan. Kegagalan dan keberhasilan merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Seperti dua sisi mata uang. Kita akan dapat merasakan keberhasilan setelah tahu bagaimana rasanya kegagalan.

 

  1. Lawan Sedikit Tata Tertib dan Tradisi yang Terlalu Kaku

Perlu disadari bahwa tradisi memang bisa membawa kondisi stabil. Tetapi juga mendatangkan kemacetan dan kemandegan. Pembatasan-pembatasan itu menciptakan lingkungan kerja yang lemah, tetapi tidak berpijak pada kenyataan. Dan lingkungan semacam itu tidak pernah akan mendatangkan produk kreatif. Tata tertib perlu. Irama hidup penting. Aturan berguna. Tetapi semua itu adalah sarana, bukan tujuan. Kalau kreativitas dan inovasi yang dicari, semacam kekacauan akan menjadi bagian dari kehidupan. Karena suatu hal baru yang mengejutkan, dihasilkan lewat jalan yang tidak biasa.

Untuk itu, yuk sekali-sekali lawan tata tertib yang kaku itu untuk bisa lebih fleksibel sehingga ide-ide kreatif bermunculan.

 

  1. Yakinkan Diri kalau Kamu Punya Potensi

Merasa diri sendiri tidak punya kemampuan apa pun untuk berkreasi adalah menjadi hambatan tersendiri. Coba bangun kepercayaan diri, yakinkan pada diri sendiri bahwa ada potensi yang kita miliki dan bisa di aktualisasikan dalam kreativitas. Jangan takut dianggap jelek atau tak layak. Semua hal dianggap layak dan baik pasti melalui sebuah proses yang tidak mudah.

 

  1. Sampaikan Ide Sesederhana Apapun dan Pengaruhi Lingkunganmu

Banyak ide cemerlang kerap tidak tampak ke forum. Akibatnya orang-orang yang paling inovatif dalam suatu organisasi jarang tampil sebagai orang-orang kuat. Mereka mungkin malah membatasi diri dan tidak suka menjadi seseorang yang berpengaruh di kalangan rekan-rekannya. Organisasi dapat berinovasi apabila orang-orang yang ada di dalamnya aktif dan berani mengambil sebuah peranan. Jangan lupa juga selalu berbagi ide kreatif mu ke rekan ataupun atasanmu.

 

  1. Ubah Suasana Kerja

Suasana kerja yang kaku dan monoton akan membuat sebuah ide tidak berkembang dan kita pun bisa menjadi jenuh. Ubahlah suasana kerja sehingga akan meningkatkan mood SobatBC untuk lebih semangat dalam membuat konten. Ruangan dibuat senyaman mungkin. Sehingga ide-ide kreatif dapat muncul dari sana.

 

Nah segitu dulu dari MinBC. Semoga SobatBC bisa menhilangkan jenuh di kantor untuk sementara. Masih ada kah langkah-langkah yang lain? Atau kamu sudah tahu “sweet escape” saat sedang jenuh dengan pekerjaanmu?

 

BAGIKAN