PELEPASAN EKSPOR KOMODITAS PERTANIAN SULAWESI UTARA DI PT ROYAL COCONUT

0
258

Air madidi, 20/09 – Bea Cukai memiliki fungsi sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance, dalam hal ini Bea Cukai harus mampu mendorong dan mendukung industri baik kecil ataupun besar untuk tetap eksis bahkan semakin berkembang sehingga volume dan nilai ekspor semakin meningkat.


Dalam rangka memberikan dorongan dan demi memajukan ekspor di Sulawesi Utara, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara turut serta dalam acara pelepasan ekspor komoditas pertanian yang bertempat di P.T. Royal Coconut. Hadir dalam acara tersebut antara lain Ali Jamil selaku Kepala Badan Karantina Pertanian, Junaidi selaku Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, Martha Octavia selaku Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Nurhudah selaku Kepala Seksi Pemeriksaan, dan Budi Santoso selaku Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat. Selain itu turut hadir pula tamu undangan dari pejabat pemerintah daerah, TNI, Polisi dan para eksportir.

Dalam sambutannya, Jamil memberikan apresiasi kepada petani dan pelaku usaha agri bisnis di Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya pencapaian ekspor komoditas pertanian dari Sulawesi Utara naik drastis. “Tahun lalu hanya sekitar Rp. 106,7 milyar, sedangkan sampai bulan ini sudah mencapai sekitar Rp. 1 triliun,” ungkap Ali Jamil.


Dalam kesempatan tersebut Jamil juga melepas ekspor komoditas asal Sulut sebanyak 6.947 ton atau senilai Rp. 19,4 milyar, yang terdiri dari komoditas tempurung kelapa, fully, kopra expeller, cengkeh dan nutmeg (biji pala). Terlaksananya kegiatan ekspor tersebut merupakan bentuk sinergi yang baik antara semua pihak yang terlibat. Tidak hanya pemerintah saja tetapi juga kontribusi dari seluruh pelaku usaha. Dengan visi dan semangat yang sama dari seluruh pihak terkait, ekspor ini dapat direalisasikan. Diharapkan dengan ekspor ini perekonomian Sulawesi Utara semakin maju dan sejahtera.


#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara.
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#EksporKomoditasPertanian
#kegiatanBC

BAGIKAN