WORKSHOP PENYUSUNAN ANGGARAN RESPONSIF GENDER (ARG)

0
403

Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara menyelenggarakan Workshop Penyusunan Anggaran Responsif Gender (ARG) pada Senin dan Selasa, 23 dan 24 September 2019. Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 6 GKN Manado tersebut dibuka oleh Lenni Ika Wahyudiasti selaku Kepala Bagian Umum yang mewakili Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

Materi tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dibawakan oleh Indrajati Martini selaku Kepala Bagian Pengelolaan BMN sekaligus Ketua Tim PUG Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tahun 2018 serta dipandu oleh Nadra Suvit selaku Kepala Subbagian Kesejahteran Sekretariat Direktorat Jenderal.


Anggaran Responsif Gender terdiri dari tiga kategori yaitu anggaran khusus target gender, anggaran kesetaraan gender, dan anggaran pelembagaan. Definisi gender disini adalah peran dan status yang melekat pada laki-laki atau perempuan berdasarkan konstruksi sosial budaya yang dipengaruhi oleh struktur masyarakat yang lebih luas dan dapat berubah sesuai perkembangan zaman, dan bukan berdasarkan pada perbedaan biologis.
Ada empat aspek yang dapat menyebabkan diskriminasi/ kesenjangan gender yaitu akses, kontrol, partisipasi, dan manfaat.


Pada hari kedua, workshop dipandu oleh Safiyanti Anwar selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi pada KPPBC TMP A Bekasi. Workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait langkah-langkah yang dilakukan dalam menerapkan alat analisis PUG di satker masing-masing.


Langkah-langkah analisis PUG terdiri atas tahapan identifikasi isu serta tahapan rencana aksi. Pada akhirnya, produk dari alat analisis PUG adalah Gender Budget Statement (GBS). Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat/ pegawai pengelola keuangan di seluruh satuan kerja vertikal DJBC di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara.


Diharapkan melalui workshop tersebut, setiap peserta dapat memahami konsep, prinsip dan strategi PUG dalam penyelenggaraan pembangunan yang menjadi tugas, fungsi, dan kewenangan Kementerian Keuangan serta menerapkannya di kantor masing-masing.


#beacukairi
#bckanwilsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#PenyusunanAnggaranResponsifGender
#kegiatanBC

BAGIKAN