FINALISASI RANCANGAN PERATURAN PEMERINTAH TENTANG KAWASAN EKONOMI KHUSUS

0
163

Sesuai dengan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara berikan dorongan perkembangan terhadap industri khususnya dalam proses pembentukan KEK Pariwisata Likupang.

Salah satu wujud nyata dari dorongan tersebut yakni Kanwil Bea Cukai Sulbagtara bersama dengan Bea Cukai Bitung menghadiri rapat finalisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang dan peninjauan lapangan Usulan Kawasan Ekonomi Khusus Likupang yang bertempat di Kantor Bupati Minahasa Utara.
Dalam rapat tersebut, Kanwil Bea Cukai Sulbagtara diwakili oleh Lenni Ika Wahyudiasti selaku Plh. Kakanwil Bea Cukai Sulbagtara dan Bea Cukai Bitung diwakili oleh Thomas Nugroho selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis (PKCDT). Turut hadir pula Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Sulawesi Utara, Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-Undangan II Kementerian Hukum dan HAM yang diwakili oleh pejabat Eselon III, Wakil Ketua III Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK, Asisten Deputi Bidang Perekonomian Kementerian Sekretariat Negara, Asisten Deputi Investasi Pariwisata Kementerian Pariwisata, Bupati Minahasa Utara, serta Direktur Utama PT Minahasa Permai Resort Development (MPRD). “KEK Likupang agar segera diwujudkan karena memiliki dampak ekonomi yang bukan hanya kepada pemerintah melainkan dampak langsung kepada masyarakat di sekitar sana.” ungkap Vonnie Anneke Panambunan selaku Bupati Minahasa Utara.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai men-support KEK Likupang dengan memberikan fasilitas prosedural maupun fiskal. Terkait dengan fasilitas fiskal yang diberikan oleh DJBC antara lain seperti yang tertuang dalam PMK Nomor 104/PMK.01/2016 tentang Perlakuan Perpajakan, Kepabeanan, dan Cukai pada Kawasan Ekonomi Khusus pasal 57 ayat 1 sampai dengan ayat 3.

“BAPPEDA akan memberikan dukungan penuh dan akan memberikan kemudahan kepada para investor yang hendak berinvestasi di KEK Likupang.” ungkap Kepala BAPPEDA Sulut.

#beacukairi
#bckanwilsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#KEKLikupang
#kegiatanBC

BAGIKAN