KANWIL BEA CUKAI SULBAGTARA LAKSANAKAN APEL KHUSUS PERINGATI HUT BEA CUKAI KE-73

0
220

Seluruh pegawai Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara terlihat mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) guna menyelenggarakan apel khusus peringatan Hari Bea Cukai ke-73. Apel yang diselenggarakan di Gedung Keuangan Negara Manado tersebut dipimpin oleh Lenni Ika Wahyudiasti selaku Plh. Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Apel Khusus yang diselenggarakan secara serentak oleh seluruh kantor Bea Cukai di Indonesia pada 2 Oktober 2019 tersebut, mengangkat tema “Menuju Insan yang Cakap, Sehat, dan Berintegritas untuk Bea Cukai yang makin baik”. Dalam rangkaian upacara tersebut juga dibacakan Sikap Dasar DJBC dan Deklarasi Juang DJBC.

Komitmen Bea Cukai untuk memperbaiki sikap, perilaku, integritas dan akhlak pegawai, telah dikuatkan dengan menjadikannya sebagai pondasi dalam program penguatan reformasi kepabeanan dan cukai.

Fungsi Bea Cukai yang pada awal pembentukannya menitikberatkan pada fungsi pemungutan penerimaan negara, saat ini telah bertransformasi mengikuti perubahan zaman menjadi institusi yang memiliki fungsi yang lebih luas yaitu fasilitasi perdagangan dan industri serta perlindungan masyarakat disamping optimalisasi penerimaan negara.

Transformasi kelembagaan melalui program reformasi yang telah dijalankan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, menunjukkan bahwa Bea Cukai masih tetap konsisten untuk selalu berubah mengikuti perkembangan lingkungan strategisnya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan prestasi yang telah ditorehkan oleh Bea Cukai seperti semakin meningkatnya nilai persepsi integritas insan Bea Cukai; Semakin meningkatnya basis penerimaan pajak dan kepatuhan pengguna jasa sebagai wujud Penertiban Impor, Cukai, Ekspor Berisiko Tinggi (PICEBT); serta semakin meningkatnya efektivitas pengawasan, efisiensi pelayanan, dan penerimaan negara sebagai wujud harmonisnya sistem perpajakan di internal Kementerian Keuangan dan sinergi yang baik dengan K/L terkait termasuk Aparat Penegak Hukum lainnya.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai siap melaksanakan tugas dengan segenap keberanian hati, kematangan ilmu, dan kesiapan diri.

 

#beacukairi
#bckanwilsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#HUTBC7ke73
#kegiatanBC

BAGIKAN