EKSPOR RAYA HASIL PERIKANAN TAHUN 2019

0
209
Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, yang diwakili oleh Setiawan selaku Plh. Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagtara ikut andil dalam kegiatan Ekspor Raya Hasil Perikanan Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Bitung. Bertempat di Komplek Perikani Pelabuhan Samudera Bitung, kegiatan turut dihadiri oleh Bea Cukai Bitung, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Kota Bitung, dan seluruh stakeholder yang melakukan kegiatan ekspor-impor hasil ikan di Kota Bitung.

Ekspor Raya Hasil Perikanan Tahun 2019 tersebut terpusat di Teluk Lamong Surabaya yang diikuti oleh 8 pelabuhan lain di seluruh Indonesia termasuk Kota Bitung. Acara tersebut berlangsung dengan sistem Video Conference bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo yang juga menghubungkan 8 tempat lainnya di seluruh Indonesia. “Ini merupakan pemacu bagi Sulawesi Utara maupun bagi Indonesia untuk terus meningkatkan ekspor hasil perikanan maupun laut karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara khususnya dan menambah devisa bagi negara pada umumnya. Ini merupakan momentum awal untuk terus membangun sinergi dan pelayanan yang lebih baik demi terwujudnya hasil ekspor hasil laut yang semakin baik lagi kedepannya.” ucap Muhammad Hatta Arisandi, Kepala Balai KIPM Manado.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi sebagai wakil dari Menteri Keuangan turut serta dalam Video Conference tersebut. Dalam video conference tersebut dilakukan pengarahan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, pemberian Health Certificate kepada 4 perwakilan eksportir hasil ikan dari 4 provinsi yang berbeda, pemaparan progress ekspor Indonesia dari tahun ke tahun, sambutan Direktur Jenderal Bea dan Cukai serta laporan kegiatan dari 8 pelabuhan peserta Video Conference yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
 
Rangkaian kegiatan ditutup dengan penyerahan Health Certificate kepada para eksportir di Kota Bitung, Sulawesi Utara yang turut serta mengekspor hasil perikanan serta dilakukan pula pemotongan pita secara simbolis oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara.
BAGIKAN