FACT FINDING, ASISTENSI, DAN KOORDINASI PELAKSANAAN PERATURAN DI BIDANG KEPABEANAN

0
139

Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bgiqn Utara menyelenggarakan Fact Finding, Asistensi, dan Koordinasi Pelaksanaan Peraturan di Bidang Kepabeanan pada Kamis, 31 Oktober 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Lantai 6 Gedung Keuangan Negara Manado tersebut dibuka oleh Martha Octavia selaku Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai. “Saya harap semua yang hadir di sini dapat memahami terkait peraturan terbaru tentang kepabeanan sekalipun saat ini tidak bertugas di bidang itu karena di mata masyarakat kita tetap dinilai sebagai bea cukai yang harus mampu memberikan pelayanan ataupun menjawab pertanyaan terkait dengan permasalahan kepabeanan dan cukai.” ucap Martha dalam kata sambutannya.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber didatangkan langsung dari Direktorat Teknis Kepabeanan, Kantor Pusat DJBC, Anju Hamonangan Gultom selaku Kepala Seksi Impor I dan Rivan selaku pelaksana pada subdit impor. Kegiatan diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Bea Cukai Manado, dan Bea Cukai Bitung.

Materi yang disampaikan narasumber meliputi RPMK Pembongkaran, Penimbunan, dan Pemuatan Brang Impor / Barang Ekspor, PMK 102/PMK.04/2019 tentang Ekspor Kembali Barang Impor, Perubahan atas PMK 178/PMK.04/2017 tentang Impor Sementara PMK 106/PMK.04/2019, PER-09/BC/2019 Perubahan ke-4 PER-16/BC/2016, Kawasan Pabean dan Tempat Penimbunan Sementara PMK-23/PMK.04/2015. Ajun juga menyinggung terkait dengan persoalan jastip atau jasa titipan. “Payung hukum terkait jastip tersebut sudah jelas sebagaimana tercantum dalam PMK 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut.” ungkap Ajun.
Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat mengupdate pengetahuan pegawai terkait pelaksanaan peraturan di Bidang Kepabeanan. 
#beacukairi
#kwbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#setiapkitaadalahhumas
#PeraturanPabean
#kegiatanbc

BAGIKAN