KEMENKEU MENGAJAR 4 MANADO

0
147
Sebagai bagian dalam peringatan Hari Oeang ke-73, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kali ke-empat menyelenggarakan program Kemenkeu Mengajar. Melalui kegiatan ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkeu secara serentak (pusat dan kantor perwakilan di daerah) mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar (SD) secara sukarela. Untuk wilayah Kota Manado, Sulawesi Utara sendiri, kemenkeu mengajar diselenggarakan di SDN 54 Manado dan SDN 55 Manado. Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara, Muhdi turut ikut serta dalam kegiatan belajar mengajar. Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara diwakili oleh Anis Solikah selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal. “Hari ini kita melakukan kegiatan kemenku mengajar yang tahun keempat ini dilakukan oleh seluruh jajaran kementerian keuangan di seluruh Indonesia. Kita melakukannya di seluruh wilayah Indonesia dari instansi vertikal, baik Bea Cukai, Perbendaharaan, Pajak dan juga dari Kekayaan negara. Kemenkeu mengajar tahun ini mengangkat tema Berbagi pada Anak Bangsa, Menginspirasi hingga Penjuru Negeri”, ungkap Muhdi dalam kata sambutannya.

Sebelum proses pembelajaran di kelas dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan seluruh relawan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara. Total siswa adalah 303 siswa yang terbagi menjadi 194 siswa SDN 54 Manado dan 109 siswa SDN 55 Manado. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan donasi berupa buku bacaan dan rak buku yang dikemas dalam pojok baca yang berfungsi sebagai perpustakan sekolah. Seluruh donasi ini didapatkan dari seluruh pegawai kementerian keuangan Provinsi Sulawesi Utara. “Terkait dengan kemenkeu mengajar ini kami sangat memberikan penghargaan, respon yang bagus kepada tim dari Kemenkeu Sulawesi Utara khususnya Manado, dan terima kasih sekolah kami terpilih sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan ini.” ucap Rosmawati Nainggolan, Kepala Sekolah SDN 55 Manado selaku pembina upacara.
Program pengajaran dikemas dengan metode yang menyenangkan, ringan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak SD. Simulasi bermain peran dilakukan untuk memudahkan materi yang disampaikan.
 
Materi yang disampaikan kepada para siswa SD seputar peran kementerian keuangan dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Para relawan pengajar juga menceritakan kisah inspiratif yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor masing-masing. Diharapkan para generasi penerus bangsa ini dapat memiliki wawasan baru yang inovatif dan kreatif guna meraih cita-cita di masa depan. “Saya melihat ternyata para relawan kementerian keuangan ini juga sangat cocok menjadi seorang guru, hal itu dapat saya lihat dari cara mereka menyampaikan pembelajaran di kelas-kelas dan bagaimana cara menarik perhatian para siswa. Saya sungguh sangat senang dan berterima kasih kepada seluruh relawan karena telah memberikan wawasan baru dan berbagi motivasi kepada para siswa.” pungkas Martha Torar selaku Kepala Sekolah SDN 54 Manado.
 
BAGIKAN