OPTIMALISASI EKSPOR LANGSUNG DARI PELABUHAN HUB INTERNASIONAL BITUNG GUNA MEMBANGUN INDONESIA TIMUR

0
137
Deklarasi Bersama Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara, Kanwil DJBC Maluku, dan Kanwil DJBC Khusus Papua diselenggarakan pada Senin, 28 Oktober 2019. Kegiatan diawali dengan kunjungan ke PT. Pelindo IV Terminal Petikemas Bitung. Mohammad Ayub selaku General Manager PT Pelindo IV Terminal Petikemas Bitung melakukan pemaparan terkait Dukungan Optimalisasi Ekspor Langsung dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung dan Kesiapan Pelabuhan Hub Internasional Bitung dalam menyelenggarakan ekspor langsung. Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dimoderatori oleh Agung Riandar Kurnianto selaku Kepala Kantor Bea Cukai Bitung.

Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Terminal Petikemas Bitung guna meninjau langsung kesiapan Pelabuhan Hub Internasional Bitung dengan menggunakan kapal patroli Bea Cukai Bitung. Setelah itu, bertempat di Kantor Bea Cukai Bitung, dilakukan pemaparan terkait kesiapan masing-masing Kantor Wilayah terkait dengan komitmen untuk memaksimalkan potensi di wilayah masing-masing untuk dapat mendukung terlaksananya Ekspor Langsung dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung. “Terima kasih untuk Bea Cukai Bitung beserta Tim Direct Call Sulbagtara atas upaya yang telah dilaksanakan sehingga mampu mencapai titik dimana kita berada sekarang untuk mewujudkan Ekspor Langsung dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung.” ucap Cerah Bangun selaku Kakanwil DJBC Sulbagtara. “Ini merupakan langkah yang besar dan momen yang tepat karena pemerintah mendukung ekspor dan investasi di wilayah Indonesia Timur sehingga pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur dapat tumbuh dengan cepat dan tidak tertinggal dari wilayah Indonesia lainnya. Ini bukan lagi strategi masing-masing daerah, tetapi kita harus bisa bersinergi bersama sesuai arahan Menteri Keuangan dalam Rapat Koordinasi.” ucap Finari Manan selaku Kakanwil DJBC Maluku.
 
“Potensi pada Indonesia Timur khususnya Papua begitu luar biasa. Hasil tambang yang luar biasa, kekayaan perikanan yang melimpah, kayu, dan hasil bumi lainnya harus dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah Indonesia Timur dan mampu menambah devisa bagi negara. Perlu adanya efisiensi biaya serta waktu agar pengusaha lebih terbantu dan barang lebih cepat sampai pada tujuan, saya rasa sangat perlu Pelabuhan Hub Internasional Bitung berfungsi sebagai pintu keluar dan masuk bagi barang-barang dari Indonesia Timur.” ucap Akhmad Rofiq selaku Kakanwil DJBC Khusus Papua.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan penandatanganan Piagam Deklarasi Bersama oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulbagtara, Kepala Kantor Wilayah DJBC Maluku, dan Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Papua untuk bersama-sama berkomitmen dan berpartisipasi aktif dalam mendukung Optimalisasi Ekspor Langsung dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung.
BAGIKAN