TEKNIK IDENTIFIKASI DAN KLASIFIKASI BARANG

0
472

Sharing session terkait dengan Teknik dan Identifikasi Klasifikasi Barang diselenggarakan pada Selasa, 12 November 2019. Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 2 Gedung Keuangan Negara Manado tersebut dibuka oleh Lenni Ika Wahyudiasti selaku Kepala Bagian Umum dan dibawakan oleh Bulan Sitorus selaku pelaksana pada Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.


Dasar hukum dari identifikasi dan klasifikasi barang adalah Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 UU No 10 Tahun 1995 jo UU No 17 Tahun 2006, PMK Nomor 6/PMK.01/2017 jo PMK Nomor 213 /PMK.01/ jo PMK Nomor 17/PMK.01/2018 tentang penetapan sistem klasifikasi barang dan pembebanan tarif bea masuk atas barang impor.


Langkah-langkah mengidentifikasi barang:
1. What is it?
Barang apa yang diimpor? bahan baku, setengah jadi atau barang jadi? produk pertanian, kimia, elektronik, mesin? 2. What is it made of? Dibuat dari apa barang tersebut? komposisi, campuran, bahan yang dominan?
3. What for? Digunakan untuk apa? kegunaan tertentu, bagian dari barang lain, aksesoris, lebih dari satu macam kegunaan? 4. How is it imported? Bagaimana saat diimpor? kemasan? belum lengkap? terurai? dalam bentuk set?

Diharapkan dengan dilaksanakannya sharing session tersebut dapat meningkatkan kompetensi dan pemahaman pegawai tentang identifikasi dan klasifikasi barang.


#beacukairi
#kwbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#setiapkitaadalahhumas
#PKP
#kegiatanbc

BAGIKAN