UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA DAN HARI OEANG KE-73

0
119
Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang ke-73 pada Rabu, 30 Oktober 2019. Upacara yang diselenggarakan di Gedung Keuangan Negara Manado tersebut dipimpin langsung oleh Muhdi selaku Kepala Perwakilan Kemenkeu Sulut. Dalam kata sambutannya, Muhdi membacakan arahan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam upcara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan hari Oeang ke-73.
Terbitnya Oeang Republik Indonesia juga menandai lahirnya institusi pengelola keuangan negara, yaitu Kementerian Keuangan, yang sekaligus merupakan salah satu organisasi pemerintahan yang paling awal dibentuk untuk mewujudkan cita-cita menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Kementerian Keuangan hadir merawat mimpi para pendiri bangsa dan janji Republik, mengemban amanah sebagai Nagara Dana Rakca, “Penjaga Keuangan Negara”. Apabila para pendahulu bangsa Indonesia menghadapi tantangan besar seperti membangun semangat kebangsaan dan persatuan, maka tantangan bangsa Indonesia hari ini adalah menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan di dalam keberagaman. Saat ini, cita-cita dan visi bangsa Indonesia adalah untuk Indonesia maju. Untuk itu bangsa Indonesia harus bersama, bersinergi, berinovasi, dalam menghadapi tantangan.

3 pesan Menteri Keuangan:
1. Mengembangkan cara-cara baru agar tidak terjebak dalam runititas yang terasa nyaman karena sudah menjadi kebiasaan.
2. Kementerian Keuangan harus bekerja dan bersinergi dalam kerja tim untuk memperkuat pilar ekosistem ekonomi yang kondusif, untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.
3. Kementerian Keuangan harus progresif, dan menghapus stigma bahwa birokrasi itu lamban dan mempersulit.

Formulasi organisasi menjadi hal vital untuk diterapkan di Kementerian Keuangan, untuk menunjukkan bahwa kita bekerja dengan keahlian dan kompetensi, bukan hanya pencitraan atau sekedar ilusi reputasi.
Kegiatan diakhiri dengan acara ramah tamah sekaligus pengumuman lomba-lomba dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-73. Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai Bitung berhasil meraih kembali juara umum.
 
BAGIKAN