IMPROVISED EXPLOSIVE DEVICES (IED’s)

0
239

Guna meningkatkan pemahaman dan keterampilan pegawai di Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, diselenggarakan PKP terkait dengan Improvised Explosive Devices (IED’s) pada Kamis, 28 November 2019. Kegiatan dibuka oleh Plh. Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, Martha Octavia. “Semoga PKP berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi kita semua.” ucap Martha dalam kata sambutannya.


Kegiatan PKP yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 2 Kanwil Bea Cukai Sulbagtara tersebut diikuti oleh seluruh pegawai. Materi disampaikan oleh Aziz Rangkuti, pelaksana pada bidang penindakan dan penyidikan (P2). IED’s adalah alat yang ditempatkan atau dibuat dengan cara yang diimprovisasi/modifikasi sedemikian rupa dengan memasukkan bahan kimia yang bersifat destruktif, mematikan, berbahaya, pyrotechnic, atau mudah terbakar dan dirancang untuk menghancurkan, melumpuhkan, atau mengalihkan perhatian. Singkatnya IED’s dapat dikatakan sebagai bom rakitan.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berperan dalam hal Logistic Provision dan Programme Global Shield (PGS) yaitu kegiatan International yang diiniasiasi oleh WCO untuk mengawasi pergerakan produk kimia dan mencegah penyelundupan serta mengawasi perdagangan perkusor dan komponen yang biasanya digunakan untuk pembuatan peledak.
KOMPONEN IED’s yang DIAWASI OLEH BEA CUKAI
1. Detonator adalah alat yang digunakan untuk memicu peledak.
2. Precursor Chemical (senyawa yang berpartisipasi dalam reaksi kimia yang menghasilkan senyawa lain). Safe handling/ prosedur pengamanan apabila menemukan IED’s:
1. Evakuasi diri
2. Lapor polisi

Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah kepada pemenang pre test dan post test.



#beacukairi
#kwbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#setiapkitaadalahhumas
#PKP
#kegiatanbc

BAGIKAN