SEJARAH HARI PABEAN INTERNASIONAL

0
545

Hari Pabean Internasional selalu diperingati oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai setiap tanggal 26 Januari. Seperti apa sih sejarah lahirnya Hari Pabean Internasional ini?

Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang kepabeanan dan cukai, Indonesia membentuk sebuah lembaga pemerintahan dengan nama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada 1 Oktober 1946. Demikian juga dengan lembaga kepabeanan dunia yang dibentuk dengan nama World Customs Organization (WCO).

WCO (World Customs Organization) adalah organisasi dunia antar pemerintah yang independen yang memiliki misi untuk mendorong efektifitas dan efisiensi administrasi pabean dalam mencapai tujuannya, yaitu memberikan kemudahan perdagangan, perlindungan kepada masyarakat, dan mengumpulkan penerimaan bagi pemerintah.

Pada 23 Agustus 1947, Komite Kerjasama Ekonomi Eropa sepakat untuk membentuk kelompok inter-European Customs Unions (ECUSG) untuk memeriksa masalah ekonomi dan teknis Uni Pabean antar-Eropa mengenai aturan General Agreement on Tariffs and Trade (GATT).

Total terdapat enam pertemuan oleh ECUSG yang diadakan dalamkurun waktu empat tahun, dari bulan November 1947 hingga bulan Juni 1950 . Pekerjaan ECUSG inilah yang menjadi cikal bakal Customs Co-operation Council (CCC) yang ditandatangani di Brussel (Belgia). Pada 26 Januari 1953 sesi pelantikan Customs Co-operation Council (CCC) dihadiri oleh 17 anggota pendiri. Keanggotaan CCC kemudian diperluas untuk mencakup semua wilayah di dunia.

Hingga September 2017, sebanyak 182 negara di dunia telah bergabung menjadi anggota dari World Customs Organization, termasuk Indonesia. Indonesia bergabung dalam WCO tepatnya pada 30 April 1957.

Seiring perkembangan zaman, pada tahun 1994 Customs Co-operation Council (CCC) berganti nama menjadi World Customs Organization (WCO) untuk lebih menekankan taraf Internasional pada institusi antar pemerintah global. Pertemuan pertama pada tanggal 26 Januari itulah yang menjadi dasar peringatan Hari Pabean Internasional.

 

Sumber:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/World_Customs_Organization
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Direktorat_Jenderal_Bea_dan_Cukai

3.https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Member_states_of_the_World_Customs_Organization&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp

 

Penulis: Soraya Mitha Islamiati

Editor: Tim Pengelola Website Kanwil DJBC Sulawesi Bagian Utara

BAGIKAN