WCO merayakan Hari Pabean Internasional 2020 dan mengundang Anggota untuk memupuk Keberlanjutan bagi Manusia, Kemakmuran dan Planet

0
217

Sekali lagi, komunitas Pabean bersatu, bersatu dalam merayakan Hari Pabean Internasional, yang secara resmi jatuh pada tanggal 26 Januari setiap tahun. Hari istimewa ini memungkinkan Anggota WCO, Sekretariat WCO, dan mitra kepabeanan di seluruh dunia untuk mendedikasikan diri mereka untuk meneruskan tema tertentu. Dengan demikian, sepanjang tahun 2020, di bawah slogan “Bea Cukai yang menumbuhkan Keberlanjutan untuk Orang, Kesejahteraan dan Planet,” komunitas Bea Cukai akan berfokus pada kontribusi Bea Cukai terhadap masa depan yang berkelanjutan di mana kebutuhan sosial, ekonomi, kesehatan dan lingkungan menjadi jantung dari tindakannya.

Memang, Bea Cukai diberi mandat unik dan diposisikan di perbatasan untuk memainkan peran penting di seluruh rantai pasokan internasional, memastikan masa depan yang berkelanjutan, aman, dan inklusif untuk semua. Oleh karena itu, dengan hanya 10 tahun tersisa untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs) dan diberi hubungan langsung antara misi strategis Bea Cukai dan beberapa SDG, penting bagi Bea Cukai untuk memenuhi semua lingkungan, ekonomi, kesehatan dan sosial tantangan sambil meningkatkan upaya berkelanjutan untuk merespons secara efektif dengan cara yang lebih proaktif.

Terhadap latar belakang ini, kontribusi Bea Cukai terhadap keberlanjutan dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Melayani Rakyat dengan membangun masyarakat yang aman dan terjamin. Bea Cukai memainkan peran penting dalam mengimplementasikan peraturan yang menangani tantangan sosial dan ekonomi utama yang dihadapi masyarakat di seluruh dunia. Mereka melakukan ini dengan mempromosikan inovasi melalui perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI) dan mencegah barang dan produk di bawah standar atau palsu yang melanggar peraturan memasuki pasar lokal, dengan memerangi kejahatan transnasional terorganisir dan terorisme, dan dengan mengambil tindakan terhadap perdagangan manusia orang, narkoba, senjata dan pencucian uang, di antara pelanggaran serius lainnya.
  • Memastikan Kemakmuran dengan mengurangi hambatan perdagangan untuk masyarakat yang adil dan inklusif. Perdagangan internasional memainkan peran yang luar biasa dalam mendukung masyarakat dan ekonomi yang makmur, berkelanjutan, dan tangguh. Dengan merampingkan operasinya, Bea Cukai dapat mengurangi waktu dan biaya memindahkan barang melintasi batas dan merangsang kegiatan perdagangan, sehingga meningkatkan pendapatan dan pekerjaan, serta mempromosikan investasi nasional dan asing. Selanjutnya, dengan meningkatkan efektivitas perbatasan dan, dengan demikian, daya saing operator perdagangan, Bea Cukai berkontribusi pada penguatan tata kelola dan stabilitas. Dengan mengambil tindakan tegas terhadap penipuan komersial dan penggelapan pajak, Bea Cukai juga memastikan bahwa pemerintah nasional tidak kehilangan pendapatan penting yang diperlukan untuk mendanai infrastruktur dan layanan publik.
  • Melindungi Planet dan memastikan keberlanjutannya untuk generasi mendatang. Bea cukai dapat berkontribusi pada perang melawan perubahan iklim dan memberikan kelestarian lingkungan yang ditingkatkan dengan mendukung implementasi yang efektif dari berbagai Perjanjian Lingkungan Multilateral (MEA). Tujuan mereka termasuk mengatasi perdagangan ilegal limbah berbahaya dan bahan perusak ozon, memerangi perdagangan ilegal spesies langka, dan mencegah penyebaran penyakit tanaman dan hewan, serta spesies asing invasif. Selain itu, Bea Cukai dapat ditugaskan untuk memastikan pengumpulan pajak cukai yang efektif untuk emisi karbon.

Berbagai dimensi keberlanjutan ini mendukung kontribusi Bea Cukai untuk mencapai 17 SDGs yang diuraikan dalam Agenda 2030 PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan. Faktanya, visi baru WCO – “Menyatukan Bea Cukai untuk dunia yang lebih aman dan lebih makmur: Perbatasan terbelah, Bea Cukai terhubung” – yang diabadikan dalam Rencana Strategis Organisasi 2019-2022, menyoroti peran Bea Cukai dalam mengamankan perbatasan, dengan demikian berkontribusi pada kemakmuran ekonomi, dan menyatukan semua aktor di sepanjang rantai pasokan.

Selain itu, Pemindaian Lingkungan WCO 2019 menggarisbawahi fakta bahwa, untuk bergerak ke arah masyarakat yang berkelanjutan yang pengembangannya menjunjung tinggi rasa hormat terhadap lingkungan, Bea Cukai, dalam kemitraan dengan para pemangku kepentingan yang relevan, harus, sedapat mungkin, melakukan kegiatannya dengan kuat, pola pikir berkelanjutan, dan WCO harus fokus, khususnya, pada memberikan contoh yang baik di bidang ini.

Dengan demikian, melalui berbagai alat dan program khusus, WCO menyerukan berbagai tindakan yang harus diambil:

  • Penerapan versi terbaru Sistem Harmonisasi WCO dan rekomendasi terkait, penerapan prosedur Kepabeanan yang konsisten dan transparan dan pendekatan proaktif oleh Bea Cukai untuk mempromosikan dan memfasilitasi penyederhanaan dan harmonisasi prosedur ini, sambil memperkuat kerja sama antarlembaga.
  • Implementasi ketentuan perdagangan internasional terkait MEA seperti Konvensi Basel, Protokol Montreal, Protokol Cartagena, Konvensi Rotterdam, Konvensi Stockholm, Konvensi Warisan Dunia, dan Konvensi CITES.
  • Penerapan teknik manajemen risiko dan analisis data untuk memfasilitasi perdagangan, merangsang pertumbuhan ekonomi dan menarik investasi asing, sehingga berkontribusi pada pengurangan kemiskinan.
  • Pembesaran agenda “Kepabeanan Digital” dengan penekanan lebih besar pada penggunaan teknologi modern, termasuk lingkungan Single Window tanpa kinerja tinggi dan infrastruktur TI yang solid.
  • Implementasi cepat Kerangka Kerja WCO tentang Standar tentang Lintas-Batas E-Commerce untuk memanfaatkan peluang e-commerce secara inklusif, sementara secara efektif mengatasi tantangan terkait.
  • Pengurangan dampak pemalsuan dan pembajakan untuk mencegah persaingan tidak adil dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan di mana inovasi dan kreativitas dapat berkembang.
  • Implementasi pendekatan yang ditargetkan untuk meningkatkan integritas di Bea Cukai.
    • Promosi kesetaraan gender sebagai enabler untuk perubahan berkelanjutan dan pengakuan akan efek berganda dalam mempercepat pembangunan berkelanjutan.

Dengan memenuhi visi, misi, dan mandatnya, Bea Cukai dapat berkontribusi secara efektif terhadap pencapaian 17 SDG di tingkat nasional. Dengan demikian, praktik dan metode Kepabeanan harus diselaraskan dengan alat dan instrumen WCO, yang telah dimasukkan ke dalam beberapa paket: Paket Pendapatan, Paket Daya Saing Ekonomi, Paket Kepatuhan dan Penegakan, dan Paket Pengembangan Organisasi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, saya sepenuhnya yakin bahwa administrasi kepabeanan dan komunitas kepabeanan yang lebih luas akan hadir, berkomitmen penuh untuk secara aktif mempromosikan upaya dan kegiatan mereka yang bertujuan untuk menumbuhkan “Keberlanjutan untuk Manusia, Kemakmuran dan Planet” yang mencakup berbagi praktik yang relevan dan kegiatan dengan orang lain pada pertemuan WCO dan dalam publikasi utama WCO.

Semoga Anda semua Hari Pabean Internasional yang bahagia!

Kunio Mikuriya

Sekretaris Jenderal WCO

24 Januari 2020

 

Sumber:

http://www.wcoomd.org/en/media/newsroom/2020/january/international-customs-day-2020.aspx

BAGIKAN