Sosialisasi Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara

0
139

Manado, 15 Mei 2020

Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara mengadakan video conference tentang Sosialisasi Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE IKM). Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwi; DJBC Sulawesi Bagian Utara, Imam Sarjono. Acara diikuti oleh Agung Riandar selaku Kepala Kantor Bea Cukai Bitung, M. Anshar selaku Kepala Kantor Bea Cukai Manado, Pejabat Eselon IV di Lingkungan Kanwil DJBC Sulbagtara serta Pimpinan / Perwakilan dari 14 Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi Sulawesi Utara.

Saat ini Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara tengah gencar-gencarnya menggalakkan fasilitas KITE IKM kepada IKM IKM yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Fasilitas KITE IKM merupakan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN dan PPNBM atas impor Barang/ dan atau Bahan untuk Diolah, Dirakit dan/atau Dipasang pada barang lain dengan tujuan diekspor.

Fasilitas KITE IKM diberikan kepada Industri Kecil Menengah (IKM) dan Konsorsium KITE yang telah mendapatkan penetapan sebagai penerima fasilitas KITE IKM.

Barang-barang yang mendapat fasilitas KITE IKM antara lain barang/bahan baku dan penolong, mesin, dan barang contoh.

Keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan fasilitas KITE IKM adalah bebas bea masuk, PPN dan PPnBM, tidak perlu jaminan, impor-ekspor melalui PLB/konsorsium dan diseduakan aplikasi pencatatan & pelaporan.

Untuk wilayah Sulawesi Utara sendiri, Kanwil Bea Cukai Sulbagtara terus melakukan sosialisasi kepada para pengusaha IKM agar dapat memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah agar usahanya semakin maju dan meningkat.

“Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini para pelaku usaha kecil dan menengah dapat menggunakan Fasilitas KITE IKM yang difasilitasi oleh Bea Cukai, serta mengahasilkan pengusaha IKM yang handal dan dapat membesarkan perekonomian Sulawesi Utara”, pungkas Imam Sarjono.

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#KITEIKM
#sosialisasi

BAGIKAN