Video Conference Pembahasan Rencana Perusahan pada Tahun 2020 di Tengah Wabah COVID-19 di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara

0
176

Video Conference mengenai Pembahasan Rencana Perusahaan pada Tahun 2020 di Tengah Wabah COVID-19 di Lingkungan Kanwil Sulbagtara dilaksanakan pada Selasa, 5 Mei 2020.

Dalam Video Conference tersebut diikuti oleh Bea Cukai Morowali, Bea Cukai Luwuk, Bea Cukai Bitung, Bea Cukai Manado, dan Perusahaan yang berada di bawah pengawasan keempat kantor tersebut serta perusahaan yang mendapat fasilitas Kawasan Berikat di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

Dalam Video Conference tersebut disampaikan pemaparan terkait kendala yang dialami oleh masyarakat yakni terkait kendala penerimaan dikarenakan negara asal barang impor masih di lockdown sehingga menghambat proses produksi. Dari sektor Cukai juga mengalami penurunan dikarenakan permintaan konsumen menurun.

Dari pemaparan yang disampaikan oleh perusahaan, dilakukin analisis terkait 5M diantaranya:
1. Man: Pegawai tdak di PHK tapi dirumahkan karena menghindari COVID-19.
2. Money: Banyak perusahaan yang mengalami cashflow yg berpengaruh terhadap produksi dan perusahaan-perusahaan.
3. Material: Adanya kesulitan bahan baku yang digunakan sebagai bahan jadi / produksi.
4. Methode: Terdapat perusahaan yang memodifikasi hasil produksi contoh perubahan kaleng besar menjadi kaleng kecil, perusahaan MMEA memodifikasi hasil produksi menjadi hand sanitizer.
5. Marketing: Pemasarannya sangat sulit sekali karena daya beli masyarakat menurun akibat COVID-19.

Pemerintah telah memberikan relaksisasi baik secara prosedural maupun perijinan dalam rangka menanggulangi dampak COVID-19.

Namun Bea Cukai tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target penerimaan yang telah ditentukan sebelumnya.

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#setiapkitaadalahhumas
#beacukaimakinbaik
#videoconference

BAGIKAN