Optimalisasi Ekspor Langsung dari Pelabuhan Hub International Bitung

0
41

Manado, 24 September 2020

Sehubungan dengan memperkuat koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder dalam rangka Optimalisasi Pelabuhan Bitung sebagai pintu masuk dan pintu keluar barang dari Indonesia Timur serta Implementasi Inisiasi Ekspor langsung dari pelabuhan Bitung ke Negara Tujuan Ekspor dilaksanakan kegiatan sosialisasi antara Kanwil Bea Cukai Sulbagtara dan Bea Cukai Bitung bersama Perwakilan SITC Pusat dan SITC Bitung melalui Video Conference.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bea Cukai Bitung, Agung Riandar, turut hadir juga Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Imam Sarjono, Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas II, Rosyidan Syah, serta dihadiri oleh Perwakilan SITC Pusat Ucok dan Perwakilan SITC Bitung Riza Fahlifi.

Pada kesempatan tersebut, Imam Sarjono menyampaikan bahwa Bitung telah ditunjuk sebagai salah satu dari pelabuhan hub internasional di wilayah Indonesia Timur melalui Peraturan Presiden (Perpres) dan berharap melalui sinergi dan koordinasi dengan stakeholder terkait SuperHub Bitung ini dapat segera terealisasi.

Rosyidan Syah juga menyampaikan bahwa dengan terwujudnya pelabuhan Bitung sebagai Hub Internasional Port diharapkan biaya logistik ditekan karena jarak antara Bitung dengan Negara Tujuan Ekspor relatif lebih dekat dibandingkan pelabuhan lainnya di wilayah Timur Indonesia dan diharapkan perusahaan pelayaran dapat masuk. “Kesuksesan Direct Call dapat terwujud apabila adanya efisiensi dari biaya logistik yang dirasakan agen pelayaran” tambahnya.

#beacukairi
#beacukaimakinbaik
#setiapkitaadalahhumas
#directcall
#kegiatanbc

BAGIKAN