Workshop Cloud Computing Kanwil Bea Cukai Sulbagtara

0
156

Rabu, 9 September 2020 – Di tengah perkembangan zaman yang terus menuntut pekerjaan untuk selalu berkaitan dengan data, Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara melakukan Kegiatan Workshop bertemakan Pengolahan Data Kolaboratif berbasis Cloud yang bertempat di KPPBC TMP C Manado. Kegiatan dibuka oleh Setiawan selaku Kepala Bidang P2 Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara. Setiawan mengatakan bahwa materi tentang cloud ini dirasa sangat penting untuk disampaikan kepada seluruh pegawai.

Workshop ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai di Satuan Kerja di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sulbagtara untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam hal keamanan data. Workshop ini dihadiri oleh pegawai dari Seksi Penindakan dan Penyidikan (P2) KPPBC TMP C Manado, KPPBC TMP C Bitung, KPPBC TMP C Morowali, KPPBC TMP C Luwuk, dan KPPBC TMP C Pantoloan.

Abdul Halid selaku narasumber dari Google menjelaskan mengenai sistem komputasi awan (Cloud) yaitu sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna, teknologi ini juga mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi terlebih dahulu. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan internet. Dalam workshop kali ini dijelaskan berbagai fitur menarik yang tidak dapat ditemukan jika hanya menggunakan aplikasi pengolah data yang sering dipakai sehari – hari seperti Microsoft Word dan Micrsoft Excel. Fitur ini lebih memudahkan pegawai untuk berkerja secara optimal dan paper less dalam mengolah data. Dalam sistem komputasi awan (Cloud) memiliki tingkat keamanan yang lebih canggih dibandingkan dengan sistem komputasi biasa.

Setelah penyampaian materi, semua peserta langsung praktek untuk mengakses cloud menggunakan email masing – masing kantor. Cloud ini merupakan suatu inovasi yang dapat mempermudah pekerjaan dan dapat menyimpan data agar lebih aman dan efisien. Workshop ini rencananya akan diselenggarakan selama 2 hari hingga Kamis, 10 September 2020.

#beacukairi
#kanwilbcsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#CloudComputing
#kegiatanBC

BAGIKAN