Dirjen Bea Cukai: Direct Call Manado-Singapura Bisa Jadi Tulang Punggung Ekspor

0
58

Oleh: Ronald Ginting

Exposenews.id, Manado – Kementerian Keuangan melalui Dirjen Bea Cukai menyambut baik dibukanya direct call ekspor dari Manado ke Singapura pada hari ini. Apresiasi ini disampaikan Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi, saat memberikan sambutan secara virtual pada pembukaan ekspor langsung tersebut.

Dikatakan Heru bahwa ekspor langsung akan meningkatkan daya saing dan mengurangi kemungkinan batal ekspor. Ekspor ini juga gambaran di mana Sulut akan menjadi tulang punggung ekspor Indonesia.

“Kita mempunyai komitmen secara operasional berkomitmen ekspor ini lancar tidak ada gangguan sama sekali. Tidak hanya pada sektor operasional, tapi kita juga harus membangun sistem yang terkolaborasi dari hulu sampai hilir mulai dari produksi hingga clearance serta penting bagaimana di tujuan,” jelas Heru.

Menurutnya, semua pihak harus sepakat ekspor ini harus diwadahi, wadah yang akan kita pakai adalah national logistic. Di mana sistem yang ada akan tetap eksis dan terhubung, sehingga akan diketahui seluruh informasi dalam satu platform yang sama secara sinergis.

“Kita berharap Manado bisa terwujud sebagai superhub dari ekspor. Terimakasih semua jajaran telah mensukseskan ekspor langsung melalui kargo udara,” tambahnya.

Dirut PT Cipta Krida Bahari Ety Puspita Sari Ciptoyo mengapresiasi terlaksananya ekpor langsung tersebut. Rute kargo Manado-Singapura merupakan rute keenam yang selama ini dilayani sejak 2011.

“Terobosan logistik diperlukan untum bangkit dan berkembang dari pandemi covid. Budidaya perikanan kita selama ini sekitar 100 juta ton, dan Sulut memiliki potensi,” tuturnya.

“Semoga lewat kargo udara ini, sinergitas bisa semakin terjalin dengan naik dan kuantitas serta kualitas terus stabil. Tujuannya supaya daya saing komoditi kita dapat selalu terjaga,” tukasnya.

https://www.exposenews.id/2021/03/dirjen-bea-cukai-direct-call-manado.html

BAGIKAN