Webinar Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan

0
45

Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara mengadakan webinar dengan tema Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan pada Selasa, 29 Juni 2021. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Live Youtube tersebut, dibuka oleh Musafak selaku Change Agent, Duta Transformasi Kanwil Bea Cukai Sulbagtara dan diikuti oleh seluruh pegawai di satuan kerja Kanwil Bea Cukai Sulbagtara. Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dheni Wiguna selaku Ketua Subtim Manajemen Pemangku Kepentingan dan Mukhammad Nurhudah selaku Lighthouse Team, Duta Transformasi Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

Tujuan diadakannya kegiatan webinar ini ialah untuk menyampaikan kepada seluruh pegawai bahwa Kementerian Keuangan berkomitmen untuk selalu melakukan perbaikan yang dilakukan dari waktu ke waktu. Hingga tahun 2021, Kementerian Keuangan telah melalui lima tahap Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK) diantaranya adalah Reformasi Pengelolaan Keuangan Negara (2002- 2006), RB secara massif melalui Integrasi 3 Pilar Reformasi (2007-2012), Penetapan dan Implementasi Cetak Biru RBTK (2013-2016), Connecting the Dots (2016-2018), dan Transformasi Digital (2019-2021).

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memiliki peran yang cukup besar dalam mendukung terselenggaranya Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan (RBTK Kemenkeu) dengan membentuk Program Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC). Implementasi program PRKC yang berdampak signifikan diantaranya adalah Penertiban (PICEBT), Gempur Rokok Ilegal, Pusat Logistik Berikat, Kawasan Industri HT, Klinik Ekspor Nasional, Kawasan Berikat Mandiri, BKC Baru, ISRM, Penataan Ekosistem Logistik (NLE/BLE), serta 5 Pilar Pengawasan.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi antara narasumber dengan peserta webinar dan foto bersama.

BAGIKAN