Pemusnahan Barang Bukti Narkotika Golongan I Berjenis Ganja

0
57

Manado (29/07/2021) – Sebagai bentuk komitmen dalam menjalankan perannya sebagai Community Protector, atau melindungi masyarakat dari barang-barang yang dibatasi/dilarang, Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara menghadiri acara pemusnahan barang bukti berupa Narkotika Golongan I pada hari Kamis (29/07), bertempat di Gedung Kantor BNN Provinsi Sulawesi Utara.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Musafak, bersama dengan Kepala KPPBC TMP C Manado, M. Anshar. Hadir juga Kapolda Provinsi Sulawesi Utara, Drs. Nana Sujana, M.M., beserta para jajaran pimpinan instansi lainnya di wilayah Sulawesi Utara. Acara pemusnahan ini dipimpin oleh Kepala BNN Provinsi Sulawesi Utara, Brigjen Pol. Drs. Victor J. Lasut.

Adapun barang yang dimusnahkan yaitu berupa Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman jenis Ganja, dengan berat bersih yang dimusnahkan sebanyak 484 gram. Ganja tersebut awalnya dikirim melalui ekspedisi pengiriman dan diberitahukan sebagai kerupuk. Mendengar informasi tersebut, tim gabungan dari Tim Narkotika Kanwil Bea Cukai Sulbagtara dan Tim BNN langsung bergerak mengidentifikasi paket. Setelah dilakukan Control Delivery atas paket tersebut, tim gabungan berhasil mengamankan penerima dan pemilik yaitu seorang wanita berinisial ANS. Setelah  dilakukan pemeriksaan, diketahui pemilik dan pemesan paket sebenarnya adalah seorang pria berinisial MA yang berada di Gorontalo. Untuk mengantisipasi kemungkinan MA melarikan diri, Tim segera berkoordinasi dengan BNNP Gorontalo. Pada hari Jumat (18/06), tim bergerak menuju Gorontalo dan kemudian berhasil mengamankan MA.

Pemusnahan narkotika ini menunjukkan bukti nyata Bea Cukai bersama BNN dan instansi terkait lainnya dalam upaya memberantas peredaran narkoba meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19. Bea Cukai akan terus berkomitmen dalam mencegah peredaran barang illegal tersebut, serta akan terus berkolaborasi dengan instansi lainnya.

BAGIKAN