Sosialisasi Kawasan Berikat dengan PT. Biomasa Jaya Abadi

0
70

Manado (19/07/2021) – Dalam rangka menjalankan peran sebagai trade facilitator dan industrial assistance, Bea Cukai selalu berupaya lebih baik dalam melayani stakeholder. Maka, Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) melalui Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai mengadakan sosialisasi tentang Kawasan Berikat kepada PT. Biomasa Jaya Abadi secara daring pada hari Senin (19/07). Saat ini, perusahaan tersebut masih belum mendapatkan fasilitas kawasan berikat.

Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas I Bea Cukai Sulbagtara, Andrie Siswoyo, dalam pemaparannya menjelaskan konsep tentang Kawasan Berikat (KB) secara spesifik sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 131/PMK.04/2018 tentang Kawasan Berikat.

“Fasilitas yang diperoleh jika menjadi perusahaan kawasan berikat berupa fasilitas fiskal dan fasilitas prosedural” Ujar Andrie.


Selama diskusi berlangsung, terdapat sesi tanya jawab mengenai peraturan kawasan berikat, sehingga mampu memberikan pemahaman yang utuh tentang kawasan berikat. Para jajaran pejabat PT Biomasa Jaya Abadi yang semula awam akan Kawasan Berikat, menjadi paham mengenai konsep kawasan berikat, bahkan menjadi sangat tertarik untuk memanfaatkan fasilitas kawasan berikat ini.

Menanggapi animo perusahaan ini, kata Andrie Siswoyo, Bea Cukai Sulbagtara menyatakan siap mendukung dan memberikan assistensi untuk mendapatkan fasilitas KB (Kawasan Berikat).

“Semoga dengan semangat mengedukasi ini bisa meyakinkan stakeholder untuk menjadi kawasan berikat dan tentunya Bea Cukai selalu akan mendampingi dalam mewujudkan pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan berbagai fasilitas,” pungkas Andrie.

BAGIKAN