Kanwil Bea Cukai Sulbagtara adakan Focus Group Discussion Optimalisasi Ekspor Langsung Bitung

0
39

Manado (31/08/2021) – Sebagai bagian dari usaha dalam meningkatkan ekspor, khususnya di wilayah Indonesia Bagian Timur, Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Optimalisasi Direct Call Ekspor dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung” yang diadakan secara online pada hari Selasa (31/08).

FGD kali ini mengundang berbagai pihak terkait sebagai narasumber, diantaranya adalah dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkatan Laut, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, serta Pelindo IV. Turut hadir pula Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun, sebagai Speech Opener.

Kegiatan FGD ini pertama-tama dibuka terlebih dahulu oleh Cerah Bangun. Setelah pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh masing-masing narasumber. Adapun materi yang dibahas pada FGD ini berkutat pada seputar permasalahan yang saat ini masih menjadi kendala pada pelaksanaan ekspor yang dilakukan dari Pelabuhan Bitung. Tentunya dibalik permasalahan yang timbul, ada solusi yang dapat diberikan, dalam hal ini peluang dalam mengoptimalkan Pelabuhan Bitung sebagai Hub Internasional wilayah Indonesia Bagian Timur.

Dalam pemaparannya, Cerah Bangun menyampaikan bahwa penetapan Pelabuhan Bitung sebagai Hub Internasional dilatarbelakangi oleh strategisnya letak Kota Bitung dalam mengekspansi jangkauannya untuk menembus pasar Internasional, khususnya untuk wilayah Indonesia Bagian Timur. Tidak hanya itu, Cerah juga mengungkapkan pentingnya dukungan dari pihak-pihak terkait dalam menyukseskan penetapan Pelabuhan Bitung sebagai Hub Internasional.

“Pelabuhan Bitung merupakan lokasi yang sangat strategis dalam meningkatkan ekspor di wilayah Indonesia Bagian Timur, dan juga didukung dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus yang terletak di sekitar Kota Bitung” ucap Cerah.

Diharapkan dengan adanya FGD ini, keberlanjutan dalam menetapkan Pelabuhan Bitung sebagai Hub Internasional akan terus berlangsung, sehingga nantinya akan dapat meningkatkan volume ekspor dari wilayah Indonesia Timur, dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang akan menyejahterakan masyarakat.

BAGIKAN