Webinar Penguatan Integritas Pegawai di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Sulbagtara

0
56

Manado (05/08/2021) – Agar para pegawai memiliki nilai integritas yang kuat pada dirinya masing-masing, Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara bersama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan mengadakan Webinar Penguatan Integritas bagi para pegawai di lingkungan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara. Webinar ini berlangsung secara online pada hari Kamis (05/08).

Pada webinar kali ini, hadir Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulbagtara, Cerah Bangun, sebagai speech opener. Lalu dari Inspektorat Jenderal Kemenkeu hadir juga Erwin Silaen, Plt Inspektur II Inspektorat Jenderal Kemenkeu, sebagai keynote speaker. Dan hadir juga 3 narasumber lainnya, yaitu Dwi Sugeng Riyanta, Ariyanto Nugroho, dan Pritha Indira. Kegiatan ini diikuti oleh para pegawai dari satuan kerja dibawah Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

Dalam kesempatan ini, Inspektorat Jenderal menjelaskan mengenai apa itu integritas, dan juga menjelaskan peran Inspektorat Jenderal sebagai lini ke tiga dalam melakukan pengawasan integritas di lingkungan Kementerian Keuangan. Tidak hanya itu, Itjen Kemenkeu juga melakukan penguatan mental dan bimbingan terkait integritas kepada para pegawai di lingkungan Kanwil Bea Cukai dalam melaksanakan tusinya masing-masing.

Itjen juga menekankan kembali mengenai fungsi dan peran Three Line of Defense dan pelaksanaan Profiling, yang mana terdiri dari:

Lini pertama, yaitu di jajaran manajemen yang berfungsi untuk mencegah kesalahan, mendeteksi kecurangan, serta mengidentifikasi kelemahan dan kerentanan pengendalian.

Lini kedua, dilaksanakan oleh unit Kepatuhan Internal. Unit inilah yang melakukan pemantauan atas pengendalian di setiap tingkatan manajemen yang ada di setiap unit organisasi yang ada di Kementerian. Unit ini jugalah yang akan memperingatkan lini pertahanan pertama apabila menemukan kelemahan-kelemahan di dalam rancangan atau di dalam  pelaksanaan pengendalian intern.

Lini ketiga, yakni Inspektorat Jenderal yang akan memberikan fungsi konsultansi dan assurance atas penerapan pengendalian intern.

Integritas merupakan gambaran diri kita dalam suatu organisasi yang terlihat dari perilaku dan tindakan sehari-hari. Integritas menunjukkan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam perbuatan sehari-hari. Mari kita jaga terus integritas kita baik dalam menjalankan tugas di kantor maupun dalam berkehidupan sehari-hari.

BAGIKAN