Pelepasan Ekspor Perdana Daun Stevia dari Minahasa ke Korea Selatan

0
145

Tondano (28/09/2021) – Bea Cukai memiliki fungsi sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance, dalam hal ini Bea Cukai harus mampu mendorong dan mendukung industri baik kecil ataupun besar untuk tetap eksis bahkan semakin berkembang sehingga volume dan nilai ekspor semakin meningkat.

Dalam rangka memberikan dorongan dan demi memajukan ekspor di Sulawesi Utara, Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara turut serta dalam acara pelepasan ekspor komoditas pertanian yang bertempat di PT. Bejana Kasih Sempurna.

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun, dan didampingi oleh Kepala Kantor Bea dan Cukai Bitung, Agung Riandar Kurnianto. Hadir juga dalam acara tersebut antara lain yakni Dinas Provinsi Sulawesi Utara, Karantina Pertanian Kelas I Manado, dan stakeholders lainnya, berhasil mewujudkan ekspor perdana dari PT. Bejana Kasih Sempurna ke Korea Selatan dengan berat total 2 Ton dari Pelabuhan Hub Internasional Bitung. Selain itu turut hadir pula tamu undangan dari pejabat pemerintah daerah, TNI, dan para petani.

“Pemprov Sulut akan selalu mendukung ekspor pertanian terlebih beberapa waktu yang lalu Sulut melalui Bapak Gubernur, Olly Dondokambey menerima penghargaan Abdi Bakti Tani langsung dari Presiden Republik Indonesia,” sebut Kepala Dinas Perkebunan Sulut, Yeittij Fonnie Roring mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Tanaman stevia merupakan bahan pemanis pengganti gula tebu yang diklaim lebih sehat karena memiliki kalori yang rendah, terbukti tanaman ini telah lama populer di negara-negara maju seperti Korea dan Jepang. Pasar tanaman stevia di luar negeri sangat tinggi karena diproduksi sebagai pemanis pengganti gula tebu untuk produk makanan, minuman dan kosmetik.

#beacukairi
#bckanwilsulbagtara
#beacukaimakinbaik
#SetiapKitaAdalahHumas
#EksporKomoditasPertanian
#Minahasa
#Stevia
#kegiatanBC

BAGIKAN