PELEPASAN EKSPOR PERDANA BIJI PALA KE VIETNAM

0
51

Bitung, 23 April 2022 – Kepala Seksi Perijinan dan Fasilitas II, Arerisza Yuanfala, mewakili Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara menghadiri pelepasan secara simbolis ekspor perdana 42.232 Ton Biji Pala oleh PT. Olam Indonesia dengan negara tujuan Vietnam, yang bertempat di Depo Kontainer Pelabuhan Bitung.

Acara yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Manado, Donny M. Saragih, Kepala Kantor Bea Cukai Bitung, Zubaidy Yulianto, serta Kepala Seksi PKCDT Bea Cukai Bitung, Thomas Nugroho, ini merupakan rangkaian kegiatan tindak lanjut dari pelaksanaan Customs Visit Customer (CVC) Kanwil Bea Cukai Sulbagtara yang telah berlangsung pada awal bulan April di gudang PT Olam di Manado dan melibatkan Kantor Bea Cukai Bitung.

Sebelum diberangkatkan terlebih dahulu biji pala tersebut dilakukan proses fumigasi guna mencegah penyebaran hama atau virus atau kuman yang berasal dari komoditas yang akan diekspor.

Pelepasan ditandai dengan Penyerahan Phitosanitari Certificate (PC) dari Karantina dan penyerahan Nota Pelayanan Ekspor (NPE) dari Bea Cukai Bitung kepada PT. Olam Indonesia, setelahnya Kontainer akan di tarik ke TPB untuk di muat di atas kapal.

Diharapkan pelaku usaha dapat terus meningkatkan kualitas komoditas pertanian dan hortikultura khususnya di wilayah Sulawesi Utara sehingga dapat berdaya saing di pasar global.

#beacukairi
#BeaCukaiMakinBaik
#bckanwilsulbagtara
#eksporperdana
#bijipala
#setiapkitaadalahhumas

BAGIKAN