Internalisasi Identifikasi Pita Cukai Tahun 2021

0
102

Manado (16/04/2021) – Masih maraknya peredaran Barang Kena Cukai (BKC) illegal membuat pengawasan akan barang illegal tersebut perlu ditingkatkan lebih ketat lagi. Pengawasan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan pengamanan melalui pelekatan pita cukai pada BKC tersebut. Agar para pegawai dapat menjalankan fungsi pengawasannya lebih optimal lagi dan dapat mengenali ciri-ciri BKC illegal, maka Kanwil DJBC Sulbagtara mengadakan Internalisasi Identifikasi Pita Cukai Tahun 2021 pada hari Jumat (16/04) secara online dan offline di Ruang Rapat Kanwil Bea Cukai Sulbagtara.

Internalisasi ini dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil DJBC Sulbagtara, Setiawan, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Penindakan I, Victor Fernando N., dan Kepala Seksi Penerimaan dan Pengelolaan Data, Wisnu Ardiansah . Tak lupa di awal dan di akhir Internalisasi diadakan sesi Pre Test dan Post Test, untuk mengukur sejauh manakah pemahaman para peserta akan identifikasi pita cukai.

Sebagai informasi, Pita Cukai Tahun 2021 mengambil tema “Biota Laut”, dengan terdapat perubahan pada desainnya. Identifikasi Pita Cukai dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari identifikasi fisik, apakah pita cukainya bekas atau tidak, lalu tulisannya terlihat jelas atau tidak. Lalu identifikasi dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu, seperti Ultraviolet Lamp. Kita juga dapat mengidentifikasi pita cukai dari peruntukannya, apakah sudah sesuai atau salah peruntukan.

 

 

BAGIKAN