Seminar Digital “Fasilitas dan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai”

0
33

 

Manado (21/04/2021) – Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara bersama Balai Diklat Keuangan (BDK) Manado menyelenggarakan Seminar Digital bertemakan “Fasilitas dan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai” yang dilaksanakan secara online melalui Zoom dan YouTube pada hari Rabu (21/04). Adapun diadakannya seminar ini bertujuan sebagai sarana dalam mengenalkan tugas dan fungsi Bea Cukai, khususnya dalam bidang Fasilitas dan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai.

Kegiatan seminar kali ini diikuti oleh para peserta dari berbagai macam daerah, baik dari instansi maupun dari pelaku usaha. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulbagtara, Cerah Bangun, selaku Keynote Speaker. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan pembawaan materi yang disampaikan oleh para narasumber, terdiri dari:

  • Imam Sarjono, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai
  • Andrie Rheksapradana Siswoyo, Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas I
  • Budi Santoso, Kepala Seksi Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat
  • Victor Fernando Napitupulu, Kepala Seksi Penindakan I

Pada sesi pemaparan materi, para narasumber menjelaskan hal-hal seputar Kepabeanan dan Cukai, khususnya yang berkaitan dengan Fasilitas dan Pengawasan. Penjelasan meliputi fasilitas apa saja yang dapat diberikan kepada para pelaku usaha yang akan mengimpor atau mengekspor hasil usaha mereka. Lalu, dijelaskan juga mengenai ketentuan barang kiriman dan barang penumpang. Tak lupa dijelaskan juga pencapaian Kanwil Bea Cukai Sulbagtara dalam melakukan pengawasan rokok illegal, dan bagaimana cara mengenalinya.

Di akhir acara, Cerah Bangun mengingatkan kepada para peserta agar selalu jeli dalam mengenali rokok illegal, dan melaporkannya ke kantor bea cukai terdekat jika menemukan rokok illegal.

“Jika ada yang menemukan rokok illegal beredar di sekitar masyarakat, jangan ragu-ragu untuk melaporkannya ke kantor bea cukai terdekat, karena dengan begitu anda telah membantu kami dalam menggempur peredaran rokok illegal” Ungkap Cerah.

Diharapkan dengan adanya seminar kali ini, para pelaku usaha dapat lebih memahami tentang fasilitas kepabeanan dan cukai yang dapat mereka gunakan, dan juga diharapkan pemahaman masyarakat akan ciri-ciri rokok illegal dapat meningkat, sehingga dapat menekan peredaran barang illegal tersebut.

BAGIKAN