Survei Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun 2021

0
14

Manado (14/04/2021) – Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara menyelenggarakan kegiatan “Survei Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun 2021” pada hari Rabu (14/04). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, dengan mengundang para stakeholder dari Kanwil DJBC Sulbagtara, terdiri dari Pengusaha Kawasan Berikat, Media Massa, dan Penyedia Barang dan Jasa. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu bentuk upaya dalam membangun Zona Integritas, melalui pengisian survei yang ditujukan untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan oleh Kanwil DJBC Sulbagtara.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara, Cerah Bangun, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Zona Integritas dan WBK WBBM oleh tim dari Direktorat Kepatuhan Internal. Setelah itu, para undangan melakukan pengisian survei terkait dengan pembangunan zona integritas.

“Pembangunan Zona Integritas ini sangat penting dilakukan, sebagai komitmen dalam meningkatkan pelayanan dengan pengguna jasa dan sebagai Langkah dalam mencegah praktik korupsi” Ungkap Cerah.

WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah sekurang-kurangnya eselon III yang menyelenggarakan fungsi pelayanan.

Untuk mencapai predikat WBK dan WBBM, unit kerja harus terlebih dahulu membangun Zona Integritas (ZI). Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

BAGIKAN