Talkshow Bersama Smart FM “Potensi Direct Call Export Bitung”

0
37

Manado (06/09/2021) – Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara bersama dengan SmartFM Manado 101.2 FM  mengadakan talkshow melalui siaran radio dengan tema “Potensi Direct Call Export Bitung” pada hari Senin (06/09).

Narasumber pada talkshow kali ini yaitu Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat, Budi Santoso, dan Kepala Seksi Perizinan dan Fasilitas II Kanwil DJBC Sulbagtara, Rosyidan Syah, dengan talkshow kali ini dipandu oleh Ketut Marthen selaku pembawa acara.

Topik yang dibicarakan pada talkshow ini berkutat pada hal seputar Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, lebih spesifiknya lagi mengenai potensi yang dimiliki oleh Pelabuhan Bitung dalam mengejar statusnya sebagai Hub Internasional, serta sebagai pintu gerbang dalam melakukan ekspor langsung khususnya dari wilayah Indonesia Bagian Timur.

Tidak hanya mengenai itu, topik yang dibicarakan pada sesi kali ini juga berbicara mengenai seputar masalah Kepabeanan dan Cukai, seperti mengenai Ekspor dan Impor secara keseluruhan, Kondisi Perdagangan Internasional di wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Sebagai informasi, Direct Call Export adalah ekspor langsung dari Pelabuhan Muat di Indonesia menuju negara tujuan tanpa singgah terlebih dahulu, seperti misalkan dari Bandara Sam Ratulangi Manado langsung menuju Changi Airport Singapore. Pelabuhan Bitung dipilih sebagai pelabuhan Hub Internasional dikarenakan berada di posisi strategis yang mampu melayani arus lalu lintas perdagangan untuk kawasan Asia Pasifik. Untuk kegiatan ekspor di Pelabuhan Bitung didominasi pada sektor perkebunan dan perikanan seperti kelapa dan olahannya, kelapa sawit, minyak kelapa, hasil perikanan, rempah-rempah, dan gula.

Di akhir talkshow, Budi berpesan kepada masyarakat ataupun pelaku usaha yang ingin mengetahui fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, dapat menghubungi Kantor Bea Cukai terdekat, atau hubungi Call Center Bea Cukai di nomor 1500225.

BAGIKAN