FGD Bersama BPS Terkait Penyusunan PDRB Triwulan III Tahun 2021 Provinsi Sulawesi Utara

0
147

 

Manado, 21 Oktober 2021 – Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertenu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga kontan. Hal ini juga berlaku di Provinsi Sulawesi Utara, seluruh instansi pemerintah terkait saling berdiskusi untuk membahas ini.

Penyusunan PDRB yang sudah memasuki triwulan tiga ini dibahas bersama dalam Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik di Ruang Aula Lantai 2 Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara pada hari Kamis, 21 Oktober 2021. Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, M. Anshar, dan ditemani oleh Budi Santoso selaku Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat pada Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara.

Prediksi pertumbuhan ekonomi dalam penyusunan PDRB saat ini berbeda karena adanya situasi pandemi, kondisi ekonomi masih dalam masa pemulihan dan seluruh sektor sedang berjalan merangkak setelah dihantam pandemi. Ekonomi akan terus bergerak namun belum bisa maksimal karena akhir dari pandemi belum bisa diprediksi.

Provinsi Sulawesi Utara saat ini sedang berusaha membuka lahan investasi bagi calon-calon investor, karena pertumbuhan ekonomi saat ini bukan lagi tentang konsumsi melainkan investasi, semakin banyak investasi yang ditanamkan maka semakin pesat perkembangan suatu daerah. Investasi juga merupakan salah satu instrument Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), namun investasi itu juga harus dalam batas wajar agar tidak mengganggu ekosistem dan kenyamanan masyarakat.

Adapun manfaat PDRB selain untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi, PDRB dapat digunakan untuk mengetahui struktur ekonomi serta pendapatan perkapita suatu daerah, maka dari itu penyusunan PDRB ini harus dilakukan dengan teliti dan dengan pertimbangan yang matang dari berbagai sektor agar dapat merepresentasi secara konkrit kondisi ekonomi suatu daerah. Sebagai salah satu bagian dari Kementerian Keuangan, ini merupakan PR besar yang sedang diusahakan oleh Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Utara.

BAGIKAN